Perencanaan jaringan distribusi sistem penyediaan air minum di Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dirgantara, Taufan (2023) Perencanaan jaringan distribusi sistem penyediaan air minum di Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Taufan Dirgantara_H95219056.pdf

Download (25MB)

Abstract

Kecamatan Ujungpangkah merupakan salah satu wilayah yang masih belum terlayani jaringan perpipaan sistem penyediaan air minum di Kabupaten Gresik.. Kecamatan Ujungpangkah termasuk ke dalam wilayah zona 4 yang nantinya direncanakan akan mendapatkan pelayanan SPAM jaringan perpipaan dari Perumda Giri Tirta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung kebutuhan air bersih, merencanakan jaringan distribusi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), dan menghitung Bill of Quantity (BOQ) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang diperlukan dalam perencanaan jaringan distribusi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian kuantitatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode tracking stop and go menggunakan Global Positioning System (GPS). serta mengacu pada Prosedur Operasional Standar Pemetaan Jaringan yang tertuang pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 4 Tahun 2020. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen instansi terkait dan beberapa sumber literatur. Hasil penelitian didapatkan kebutuhan air yang diperlukan di Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik adalah sebesar 50,89 Liter/detik utuk kebutuhan air rata-rata. Sedangkan kebutuhan air pada saat jam puncak adalah sebesar 122,14 Liter/detik. Hasil tekanan air dan kecepatan aliran air dalam pipa distribusi yang direncanakan memenuhi kriteria PermenPUPR No. 27 Tahun 2016 dimana tekanan pada hasil perencanaan berkisar antara 5,8 m hingga 80,8 m. dan kecepatan aliran air dalam pipa hasil perencanaan berkisar antara 0,74 m/detik hingga 2,18 m/detik. Anggaran biaya yang diperlukan untuk perencanaan jaringan distribusi Sistem Penyediaan Air Minum di Kecamatan Ujungpangkah adalah sebesar Rp 38.574.201.200.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dirgantara, Taufantaufandirgantara15@gmail.comH95219056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id0709109001
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Teknik Lingkungan
Keywords: Jaringan distribusi; penyediaan air minum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Taufan Dirgantara
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:56
Last Modified: 21 Jul 2023 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63546

Actions (login required)

View Item View Item