Uji aktivitas antimikroba ekstrak tanaman katumpangan (Pilea microphylla) terhadap pertumbuhan bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium acnes)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elfentiana, Ameliora Clareista (2023) Uji aktivitas antimikroba ekstrak tanaman katumpangan (Pilea microphylla) terhadap pertumbuhan bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium acnes). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ameliora Clareista Elfentiana_H91219038.pdf

Download (4MB)

Abstract

Jerawat atau Acne vulgaris (AV) merupakan permasalahan kulit yang umum terjadi pada manusia. Faktor penyebab jerawat adalah infeksi bakteri Propionibacterium acnes. Pengobatan jerawat akibat bakteri umumnya dilakukan dengan menggunakan antibiotik, apabila digunakan terus menerus dapat menyebabkan adanya resistensi bakteri. Salah satu solusi alternatif pengobatan jerawat secara alami yaitu dengan menggunakan senyawa metabolit sekunder dari tanaman katumpangan (Pilea microphylla). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak katumpangan (Pilea microphylla) pada bakteri Propionibacterium acnes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah difusi (uji daya hambat) dan dilusi (uji KHM dan KBM) pada konsentrasi ekstrak 25%, 50%, 75% dan 100%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tanaman katumpangan (Pilea microphylla) memiliki aktivitas antibakteri dengan menghambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi ekstrak yang digunakan semakin besar diameter yang terbentuk. Diameter zona hambat terbesar ditunjukkan pada konsentrasi 100% sebesar 8,3 mm. Hasil uji KHM pada ekstrak katumpangan (Pilea microphylla) pada konsentrasi 100 % menunjukkan rata-rata selisih nilai absorbansi sebesar -0.024. Hasil KBM pada konsentrasi 100% masih menunjukkan adanya pertumbuhan bakteri. Konsentrasi optimal dalam menghambat pertumbuhan Propionibacterium acnes adalah 100%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elfentiana, Ameliora Clareistaameliorace08@gmail.comH91219038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTyastirin, Estiesty@uinsby.ac.id2024068702
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsby.ac.id199111112019032026
Subjects: Biologi
Teknik Lingkungan
Keywords: Uji aktivitas antimikroba; ekstrak tanaman katumpangan; bakteri penyebab jerawat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ameliora Clareista Elfentiana
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:55
Last Modified: 21 Jul 2023 08:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63548

Actions (login required)

View Item View Item