Pengaruh Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) Akar Bambu dan Kompos Azolla pinnata Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Stek Talinum triangulare

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Ade Tiyan (2023) Pengaruh Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) Akar Bambu dan Kompos Azolla pinnata Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Stek Talinum triangulare. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ade Tiyan Handayani_H71219016.pdf

Download (2MB)

Abstract

T. triangulare adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat, oleh karena itu produksinya dapat ditingkatkan, salah satunya melalui stek batang yang didukung oleh pemupukan dengan PGPR dan kompos Azolla sebagai pupuk ramah lingkungan. Namun, konsentrasi yang sesuai perlu diketahui agar dapat berpengaruh baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi PGPR dan kompos Azolla terhadap stek batang T.triangulare. Desain penelitian menggunakan RAL. Faktor pertama yaitu PGPR (0%, 5%, 10%, dan 15%,) dan faktor kedua yaitu kompos Azolla (0, 5, 10, dan 15 gram/polybag). Pemberian pupuk dilakukan saat penanaman pertama dan sebulan sekali. Data dianalisis dengan uji ANOVA dan Friedman, dilanjutkan uji DMRT 5% jika berbeda nyata. Hasil menunjukkan PGPR telah memenuhi standar mutu kelayakan pupuk sesuai Keputusan Menteri No. 261/KPTS/SR/310/M/4/2019 pada parameter populasi bakteri, sedangkan parameter kimiawi kompos A. pinnata telah sesuai SNI 19-7030-2004, kecuali pada parameter pH kompos Azolla. Seluruh perlakuan pemberian pupuk telah menghasilkan 100% persentase stek hidup tanaman. PGPR berpengaruh terhadap luas daun, diameter batang, panjang akar, dan tinggi tanaman; kompos Azolla berpengaruh terhadap luas daun, jumlah daun, panjang akar, jumlah umbi, bobot basah dan kering tanaman; interaksi PGPR dan kompos Azolla berpengaruh terhadap panjang akar, jumlah daun, tinggi tanaman, dan bobot basah tanaman. Pada penelitian ini diketahui bahwa perlakuan terbaik untuk pertumbuhan dan hasil T. triangulare adalah PGPR 10%, kompos Azolla 5 gram/polybag, dan interaksi PGPR 10% dengan kompos Azolla 10 gram/polybag (P2A2).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Ade Tiyanatiyanhandayani@gmail.comh71219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id201409019
Subjects: Biologi
Lingkungan Hidup
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Pertanian
Keywords: PGPR Akar Bambu; Kompos Azolla; Talinum Triangulare
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ade Tiyan Handayani
Date Deposited: 14 Jul 2023 12:45
Last Modified: 14 Jul 2023 12:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63565

Actions (login required)

View Item View Item