Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi zakat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulloh, Fitri Sofi (2023) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi zakat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Sofi Yulloh_D71219066.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 13 Surabaya, selama ini masih dominan pada aspek tekstual, sehingga peserta didik pun memahami suatu materi berdasarkan apa yang ada dalam buku. Hal tersebut membuat peserta didik bosan, berbicara sendiri bahkan tertidur di dalam kelas. Sehingga situasi yang demikian mengakibatkan kecerdasan emosional peserta didik masih kurang dan perlu untuk ditingkatkan lagi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi zakat pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi zakat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX, serta faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran tersebut di SMP Negeri 13 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya: (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi zakat di kelas IX pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dimulai dari perencanaan pembelajaran dan kesiapan guru sebelum mengajar, terutama dalam menyiapkan masalah terkini untuk dijadikan bahan diskusi oleh peserta didik. (2) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi zakat untuk eningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 13 Surabaya menunjukkan bahwa peserta didik mampu dalam merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan masalah yang ada. Dan untuk mengukur keberhasilan tersebut, guru melakukan dua penilaian yakni penilaian unjuk kerja dan portofolio. (3) Faktor pendukung dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi zakat pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas IX H di SMP Negeri 13 Surabaya ialah Guru, peserta didik, dan sarana prasarana sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya ialah dari peserta didik yang malas dan enggan mengeluarkan pendapatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulloh, Fitri Sofifitrishofiyulloh.2608@gmail.comD71219066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.com2029116901
Subjects: Agama
Metode Pembelajaran
Pemikiran
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; berpikir kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitri Sofi Yulloh
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:59
Last Modified: 20 Jul 2023 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63570

Actions (login required)

View Item View Item