Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis dalam pembelajaran berbasis proyek (PjBL)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qurrotu'ain, Aulia Yusrika (2023) Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis dalam pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Yusrika Qurrotu'ain_D94219043.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis dalam pembelajaran berbasis proyek agar instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif dapat dinyatakan valid, reliabel, dan praktis. Instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis yang dikembangkan berupa lembar kerja proyek, rubrik penilaian, dan lembar observasi. Instrumen penilaian mengacu pada kurikulum 2013, indikator keterampilan berpikir kreatif matematis, dan tahapan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahapan yaitu tahapan analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini diujicobakan kepada 36 peserta didik kelas VIII-F di MTsN 4 Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik catatan lapangan (field note), angket, dan teknik observasi. Setelah diujicobakan dan memperoleh data, data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis catatan lapangan (field note), kevalidan, reliabilitas, dan kepraktisan pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis. Hasil data yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu (1) model pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis pada tahapan analisis (analysis) memperoleh data mengenai rendahnya keterampilan berpikir kreatif matematis peserta didik, belum ada fasilitas alat penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis, dan kurikulum 2013 yang digunakan di MTsN 4 Kota Surabaya. Tahapan perancangan (design), peneliti membuat rancangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis secara konseptual. Tahapan pengembangan (development), peneliti mulai mengembangkan instrumen penilaian keterampilan sesuai rancangan tahap sebelumnya kemudian instrumen penilaian akan divalidasi dan dilakukan perbaikan sesuai saran dan masukan dari para validator. Tahapan implementasi (implementation), instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif yang dikembangkan diujicobakan kepada peserta didik kelas VIII-F di MTsN 4 Kota Surabaya. Tahapan evaluasi (evaluation), peneliti melakukan evaluasi dan menilai kevalidan, reliabilitas, dan kepraktisan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis. (2) Instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis dinyatakan “sangat valid” dengan rata-rata nilai kevalidan keseluruhan sebesar 86,80% (3) Instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis dinyatakan “reliabel” dengan koefisien reliabilitas lebih besar dari 0,70 yaitu 0,728. (3) Instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis dinyatakan “praktis” pada kriteria kepraktisan “sedikit revisi” dengan rata-rata nilai kepraktisan keseluruhan sebesar 3,35.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qurrotu'ain, Aulia Yusrikaluchi.kim2808@gmail.comD94219043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Matematika
Keywords: Instrumen penilaian; keterampilan berpikir kreatif matematis; pembelajaran berbasis proyek
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aulia Yusrika Qurrotu'ain
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:53
Last Modified: 20 Jul 2023 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63578

Actions (login required)

View Item View Item