Analisis aspek perkembangan seni melalui kegiatan ekstrakulikuler drumband pada siswa usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Uci (2023) Analisis aspek perkembangan seni melalui kegiatan ekstrakulikuler drumband pada siswa usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uci Masruroh_D09219022 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Uci Masruroh_D09219022 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan anak usia dini memiliki tujuan bahwa seluruh aspek perkembangan anak dapat dikembangkankan secara optimal, termasuk pada lingkup perkembangan seni. Aspek-aspek perkembangan pada siswa usia dini dapat dioptimalkan dengan cara mengikutsertakan siswa pada program layanan paud. Untuk meningkatkan aspek perkembangan seni dapat dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakulikuler drumband. Salah satu lembaga yang melaksanakan kegiatan pembelajaran ekstrakulikuler drumband adalah RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik pada kelompok siswa usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran kegiatan ekstrakulikuler drumband siswa usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik, (2) mengetahui hasil aspek perkembanngan seni siswa usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik,(3) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan ekstrakulikuler drumband pada siswa usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada siswa, wawancara dilakukan pada guru pelatih dan kepala sekolah serta dokumentasi data sekolah. Setelah dilakukan pengumpulan data proses selanjutnya adalah proses dalam menganalisis data yaitu dengan cara teknik pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. pelaksanaan pembelajaran kegiatan ekstrakulikuler drumband siswa usia 5-6 tahun dilakukan secara baik sesuai pada indikator yang dibahas peneliti yang diawali dengan tahap seleksi pemilihan personil anggota drumband, tahap awal guru pelatih melakukan latihan berupa pengenalan simbol-simbol nada atau ketukan pada irama alat musik bersama-sama serta gerakan penari bendera sesuai tempo irama pada permainan drumband kemudian pembuatan lagu materi dasar anak-anak. 2 hasil aspek perkembangan seni pada siswa usia 5-6 tahun RA Muslimat NU 10 Banin-Banat menunjukkan hasil yang terbilang baik hal ini dapat diketahui bahwa dari 94 siswa, siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler drumband berjumlah 65 siswa memiliki hasil perkembangan seni Berkembang Sesuai Harapan. 3.faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler drumband, faktor internal terdapat pada minat bakat siswa pada ekstrakulikuler drumband serta semangat dan antusias siswa dalam pelaksanaan ekstrakulikuler drumband dan faktor eksternal dari lingkungan sekolah yang memfalisitasi serta mendukung kegiatan ekstrakulikuler drumband. Sedangkan faktor penghambat adalah : faktor internal siswa memiliki sifat yang mudah berubah dan cepat bosan serta fokus jangka pendek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Uciucimasruroh02@gmail.comD09219022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Perkembangan seni; Drumband
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Uci Masruroh
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:17
Last Modified: 25 Jun 2024 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63597

Actions (login required)

View Item View Item