Efektivitas penggunaan pupuk kandang, urea, dan kombinasinya terhadap pertumbuhan rumput gajah taiwan (pennisetum purpureum cv. taiwan) dan rumput king grass (pennisetum purpupoides)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Amalia Elok (2023) Efektivitas penggunaan pupuk kandang, urea, dan kombinasinya terhadap pertumbuhan rumput gajah taiwan (pennisetum purpureum cv. taiwan) dan rumput king grass (pennisetum purpupoides). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Elok Rahmawati_H71218016 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hijauan yang ditanam di Indonesia pada lahan yang kurang produktif dapat dilakukan melalui tingkat pemberian media pupuk. Media pemupukan yang tepat adalah proses bertambahnya unsur hara ke dalam tanah dapat menghasilkan hijauan yang cukup, seperti jenis rumput gajah Taiwan (Pennisetum purpureum cv. Taiwan) dan rumput King Grass (Pennisetum purpupoides). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektif dalam pemberian pupuk kandang, pupuk urea, dan kombinasinya terhadap pertumbuhan rumput gajah Taiwan (Pennisetum purpureum cv. Taiwan) dan rumput King Grass (Pennisetum purpupoides). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok dengan 6 kelompok perlakuan dan 4 ulangan. Adapun parameter yang diuji yaitu uji kandungan pupuk kandang kotoran sapi, urea, tinggi tanaman, jumlah anakan, berat basah dan berat kering. Hasil pengamatan dianalisis menggunakan uji statistik berupa uji One way Annova dan juga uji Kruskal-wallis. Jenis rumput gajah Taiwan memberikan dosis yang paling optimal pada P4 pupuk kandang kotoran sapi 50 gr dan pupuk urea 50 gr pada masing-masing parameter, sedangkan jenis rumput King Grass dosis optimal pada P3 pupuk kandang kotoran sapi 75 gr dan pupuk urea 25 gr pada masing-masing parameter. Hasil efektivitas pupuk kandang kotoran sapi, urea, dan kombinasinya terhadap rumput gajah Taiwan dan King Grass memberikan berpengaruh efektif terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah anakan, berat basah dan berat kering.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Amalia Elokamaliaaelok04@gmail.comH71218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunitaainunjariyah@gmail.com0705128601
Subjects: Biologi
Keywords: rumput gajah taiwan; rumput king grass; pupuk
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Amalia Elok Rahmawati
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:21
Last Modified: 20 Jul 2023 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63603

Actions (login required)

View Item View Item