Implementasi pemikiran Kh. Hasyim Asy’ari Studi Kitabadab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim: studi multisitus di SMAI Darut Tauhid dan SMK Darut Tauhid Bangil Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Ismatul Maula (2022) Implementasi pemikiran Kh. Hasyim Asy’ari Studi Kitabadab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim: studi multisitus di SMAI Darut Tauhid dan SMK Darut Tauhid Bangil Pasuruan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismatul Maula Ramadhani_02040820032 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di masa globalisasi, perkembangan teknologi saat ini berpengaruh terhadap kehidupan peserta didik, sepanjang hidup sangat perlu untuk membentuk pribadi yang berakhlak baik, terutama terhadap pelajar yang menempuh jenjang pendidikan, dalam proses pendidikan menjadi hal yang sangat penting sehingga dapat menerapkan nilai-nilai karakter di sekolah. Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pendidikan Islam terkait dengan relasi etika pendidik dan murid yang termaktub dalam kitab Adab al-‘ALim Wa al-Muta’allim, (2) Mendeskripsikan dan menganalisis pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-‘ALim Wa al-Muta’allim bagi pendidik di SMAI dan SMK Darut Tauhid Bangil, (3) Mendeskripsikan dan menganalisis pemikiran KH. Hasyim Asy’ari bagi peserta didik di SMAI dan SMK Darut Tauhid Bangil. Untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan (library research) studi kepustakaan dan field research) penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, diambil dari latar penelitian di SMAI dan SMK Darut Tauhid Bangil. Pengumpulan data menggunakan wawancara terbuka, pengamatan langsung, dan dokumentasi. Hasil data yang dikumpulkan diberikan makna, kemudian ditarik menjadi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari terkait relasi etika pendidik dan peserta didik di SMAI dan SMK Darta menekankan pada perbaikan moral spiritual melaui suri tauladan dari pendidik dengan menanamkan pada peserta didik nilai-nilai moral dengan menekankan sikap hormat dan menjauhkan diri dari hawa nafsu; (2) Pendidik di SMAI dan SMK Darta menerapkan 10 macam pemikiran KH. Hasyim Asy’ari, dan menyadarkan untuk selalu bertaut pada Allah SWT; (3) Peserta didik di SMAI dan SMK Darta menerapkan 12 macam pemikiran KH. Hasyim Asy’ari, dan menyadarkan untuk selalu bertaut pada Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Ismatul Maularamadhaniismatul@gmail.com02040820032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadachmadzini@gmail.com2012057001
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@gmail.com2011036701
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Implementasi; Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari; Kitab Adab al-‘ALim Wa al-Muta’allim.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ismatul Ramadhani
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:22
Last Modified: 21 Jul 2023 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63604

Actions (login required)

View Item View Item