Analisis Mikroplastik dan Plankton di Kawasan Estuari Dusun Kepetingan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Linda Setya (2023) Analisis Mikroplastik dan Plankton di Kawasan Estuari Dusun Kepetingan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Linda Setya Rahmawati_H01218007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sampah plastik saat ini menjadi salah satu masalah global yang memiliki dampak besar baik bagi lingkungan maupun makhluk hidup. Persoalan mengenai sampah plastik tiada hentinya diperbincangkan karena mengganggu kehidupan ekosistem terutama di perairan. Sampah plastik yang tidak terkelola akan terbuang begitu saja ke lingkungan dan berakhir di wilayah perairan. Sampah-sampah plastik yang berasal dari hulu akan hanyut dan terbawa oleh arus menuju hilir sungai. Sampah-sampah yang hanyut di berbagai aliran anakan sungai di Sidoarjo dengan arah aliran menuju muara akan terbawa memasuki perairan estuari Kabupaten Sidoarjo. Seiring berjalannya waktu, sampah plastik akan terdegradasi menjadi plastik berukuran kecil (<5 mm) yang disebut dengan partikel mikroplastik. Cemaran mikroplastik yang ada perairan terkandung dalam air, sedimen, dan biota sehingga bisa saja mengganggu kehidupan didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cemaran mikroplastik pada air dan menghitung kelimpahan plankton di perairan estuari Kepetingan Kabupaten Sidoarjo serta mengetahui jenis polimer plastik yang ditemukan. Analisis mikroplastik dilakukan dengan menghitung dan menganalisis bentuk dan kelimpahan mikroplastik dari 3 lokasi sampling serta melakukan uji FTIR untuk mengetahui jenis polimer plastik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 3 bentuk mikroplastik meliputi fragmen, fiber, dan film. Jumlah total mikroplastik yang ditemukan pada sampel air sebanyak 64 partikel dengan komposisi 7 partikel fragmen, 52 partikel fiber, dan 5 partikel film. Jumlah kelimpahan mikroplastik pada sampel air pada titik lokasi dekat pemukiman sebanyak 0,27 partikel/L, lokasi dekat mangrove sebanyak 0,23 partikel/L, dan lokasi dekat muara sebanyak 0,14 partikel/L. Berdasarkan hasil uji FTIR polimer plastik yang ditemukan pada ketiga sampel air yang teranalisis adalah jenis polimer Nylon/polyamide. Untuk analisis plankton dilakukan dengan mengidentifikasi dan menghitung kelimpahannya. Hasil penelitian ini menunjukkan pada lokasi dekat pemukiman ditemukan sebanyak 304 individu dengan kelimpahan 66880 ind/L, lokasi dekat mangrove sebanyak 135 individu dengan kelimpahan 29700 ind/L, dan lokasi dekat muara sebanyak 122 individu dengan kelimpahan 26840 ind/L.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Linda Setyalindasetyar@gmail.comH01218007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Moch. Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsby.ac.id--
Subjects: Biologi
Keywords: Estuari; Mikroplastik; Plankton; FTIR
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Linda Rahmawati
Date Deposited: 20 Jul 2023 05:04
Last Modified: 20 Jul 2023 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63605

Actions (login required)

View Item View Item