Sejarah mata uang bertuliskan arab dan latin di Indonesia pada masa kemerdekaan sampai berakhirnya masa orde lama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Moh. Ainul (2023) Sejarah mata uang bertuliskan arab dan latin di Indonesia pada masa kemerdekaan sampai berakhirnya masa orde lama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Ainul Yaqin_A02219030 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dalam penulisannya, menggunakan pendekatan historis dan sosiologis. Pendekatan historis bertujuan untuk mengungkap peristiwa sejarah uang secara jelas, sedangkan pendekatan sosiologi konflik bertujuan untuk menganalisis peristiwa sosial yang berdampak dalam sejarah uang di Indonesia pada awal kemerdekaan sampai berakhirnya masa orde lama, dengan menggunakan sumber sejarah seperti koleksi museum De Javasche Bank, buku-buku terbitan Bank Indonesia dan wawancara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori konflik ekonomi dan modernitas menurut Karl Marx dan Engels. Pada proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode sejarah yang terdiri dari Heuristik, Verifikasi, Interpretasi, dan Historiografi. Skripsi ini menyimpulkan bahwa pertama, uang pertama dibuat oleh bangsa Lydia pada abad 6 SM, dan baru masuk Indonesia ketika perdagangan Indonesia ramai, disertai dengan pengaruh agama Hindu-Budha pada abad 5-15 M. kedua, pada awal kemerdekaan Indonesia belum mempunyai mata uang sendiri, pada tahun 1946 pemerintah baru mengeluarkan uang Indonesia, setelah itu terjadi beberapa perkembangan seperti pengeluaran uang baru, pemusnahan uang lama dan kebijakan-kebijakan baru karena situasi pada saat itu. Ketiga, pemerintah pernah mengeluarkan uang bertuliskan Arab dan Latin, penggunaan bahasa Arab hanya pada tulisan Indonesia dan hanya pada uang logam saja, penggunaan bahasa pada mata uang didasarkan pada kekuasaan yang berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Moh. Ainulyaqinainul774@gmail.comA02219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakariya, Nur MukhlishMukhlish_73@yahoo.co.id2001107302
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Bank dan Perbankan
Ekonomi Islam
Keuangan
Keywords: Uang; Indonesia; Perkembangan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Moh. Ainul Yaqin
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:30
Last Modified: 25 Jul 2023 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63611

Actions (login required)

View Item View Item