Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam penguatan manajemen pendidikan melalui evaluasi diri sekolah di SMP Muhammadiyah 12 Paciran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Nevi Levia Shofa Eka (2023) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam penguatan manajemen pendidikan melalui evaluasi diri sekolah di SMP Muhammadiyah 12 Paciran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nevi Levia Shofa Eka Putri_D93219092 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas pendidikan di indonesia. Berdasarkan hasil keterangan dari PISA (Programme For International Student Assessment), TIMSS (Trends in International Mathematics And Science Study), dan PIRLS (Progress in International Reading Literacy Study) menyatakan bahwa secara konsisten peserta didik Indonesia masih memiliki tingkat prestasi yang rendah. Berdasarkan hal tersebut hendaknya kepala sekolah dan para guru membuat strategi-strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam penguatan manajemen pendidikan di SMP Muhammadiyah 12 Paciran Kabupaten Lamongan, menganalisis dan mendeskripsikan implementasi evaluasi diri sekolah di SMP Muhammadiyah 12 Paciran Kabupaten Lamongan dan menganalisis serta mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam penguatan manajemen pendidikan melalui evaluasi diri sekolah di SMP Muhammadiyah 12 Paciran Kabupaten Lamongan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian deskriptif, menggunakan teknik pengambilan data penelitian dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data serta verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam penguatan manajemen pendidikan di SMP Muhammadiyah 12 Paciran Kabupaten Lamongan yaitu dengan memetakan kebutuhan guru sesuai dengan komposisi kelas dan komposisi mata pelajaran, membangun komunikasi dengan pondok pesantren al-ishlah, meningkatkan kualitas SDM, menyusun program prioritas dan anggaran dana yang dibutuhkan, melaksanakan program dan mengevaluasinya serta menyediakan sarana pendukungnya (2) Evaluasi diri sekolah yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 12 Paciran Kabupaten Lamongan yaitu dengan memanfaatkan hasil asesmen nasional berupa rapor pendidikan dan rekomendasi perencanaan berbasis data (PBD) (3) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam penguatan manajemen pendidikan melalui evaluasi diri sekolah di SMP Muhammadiyah 12 Paciran Kabupaten Lamongan yaitu dengan mengevaluasi hasil asesmen nasional, memetakan hasil asesmen nasional, merancang langkah-langkah solutif lalu mengimplementasikan dan mengevaluasinya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Nevi Levia Shofa Ekanevilevias@gmail.comD93219092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Kepemimpinan
Keywords: strategi kepemimpinan; kepala sekolah dan evaluasi diri sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nevi Levia Skofa Eka Putri
Date Deposited: 21 Jul 2023 13:11
Last Modified: 21 Jul 2023 13:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63613

Actions (login required)

View Item View Item