Tanggapan masyarakat terhadap pembuangan limbah cair industri es krim skala rumah tangga dalam prespektif fiqih lingkungan: studi kasus Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Kota surabayaS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Alya Maharani Hafidhatul (2023) Tanggapan masyarakat terhadap pembuangan limbah cair industri es krim skala rumah tangga dalam prespektif fiqih lingkungan: studi kasus Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Kota surabayaS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alya Maharani Hafidhatul Husna_H95219040.pdf

Download (9MB)

Abstract

Industri skala rumah tangga menghasilkan limbah cair dalam proses produksinya, namun, sebagian besar tidak memiliki instalasi pengolahan air limbah. Limbah cair tersebut langung dibuang ke badan air yang terletak di daerah pemukiman penduduk, sehingga mengakibatkan timbulnya beragam tanggapan masyarakat mengenai limbah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas air limbah industri es krim skala rumah tangga dan sungai di Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Kota Surabaya, menganalisis tanggapan masyarakat terhadap pembuangan limbah cair industri es krim skala rumah tangga di Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Kota Surabaya, menganalisis tanggapan masyarakat pembuangan limbah cair industri es krim skala rumah tangga dengan prespektif fiqih lingkungan di Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Kota Surabaya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis penelitian ini diketahui kualitas air limbah yaitu BOD sebesar 216 mg/L, COD sebesar 653,1 mg/L, TSS sebesar 64 mg/L, minyak dan lemak sebesar 26,4 mg/L, dan ammonia sebesar 4,39 mg/L. Kualitas air sungai yaitu BOD sebesar 306 mg/L, COD sebesar 663 mg/L, TSS sebesar 58 mg/L, minyak dan lemak sebesar <5 mg/L. dan ammonia sebesar 24,5 mg/L. Masyarakat setuju bahwa pembungan limbah industri es krim skala rumah tangga yang tidak diolah memberikan dampak negatif bagi lingkungan dan manusia. Berdasarkan prespektif fiqih lingkungan setiap perilaku yang bertujuan untuk menjaga dan memperbaiki lingkungan hidup menjadi bagian dari kewajiban yang harus dilaksanakan menurut ajaran agama. Pencemaran lingkungan sering disebabkan oleh kegiatan manusia. Menjaga lingkungan merupakan tugas dari manusia. Dalam islam telah diatur bagaimana sikap dan tindakan manusia dalam memperlakukan dan memanfaatkan lingkungan sekitar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar masyarakat menolak kegiatan pembuangan limbah cair. Dalam fiqih lingkungan kegiatan pembuangan limbah cair termasuk menimbulkan kemudharatan bagi orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Alya Maharani Hafidhatulalyahusna230401@gmail.comH95219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsby.ac.id2030118402
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Industri RumahTangga
Masyarakat
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Fiqih lingkungan; limbah cair; pembuangan limbah cair industri; tanggapan masyarakat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Alya Maharani Hafidhatul Husna
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:58
Last Modified: 26 Jul 2023 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63616

Actions (login required)

View Item View Item