Analisis tingkat kesehatan bank dan forecasting potensi financial distress dengan metode RGEC pada Bank KB Bukopin Syariah tahun 2017-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husaein, Nabilatul Mumtazah Putri (2023) Analisis tingkat kesehatan bank dan forecasting potensi financial distress dengan metode RGEC pada Bank KB Bukopin Syariah tahun 2017-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilatul Mumtazah Putri Husaein_G04219053 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT Bank KB Bukopin Syariah memiliki nilai rasio keuangan yang terus menurun dan melakukan rebranding di waktu yang bersamaan. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kondisi terkini dan masa depan kesehatan bank pada skripsi ini yang berjudul “Analisis Tingkat Kesehatan dan Forecasting Potensi Financial Distress dengan Metode RGEC pada Bank KB Bukopin Syariah Tahun 2017-2022” yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesehatan dan prediksi terjadinya financial distress yang dapat dialami oleh bank di masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif dengan data sekunder berupa laporan keuangan bank. Teknik pengumpulan data diambil melalui dokumentasi dan variabel yang digunakan diantaranya NPF, FDR, PDN, ROA, ROE, NI, BOPO, dan CAR untuk analisis tingkat kesehatan serta analisis forecasting menggunakan aplikasi Eviews dengan model ARIMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesehatan PT Bank KB Bukopin Syariah dengan metode RGEC selama tahun 2017-2019 berada dalam kategori “Cukup Sehat” dan tahun 2020-2022 dikatakan “Kurang Sehat”. Hasil forecasting potensi financial distress, bank secara keseluruhan dinyatakan “Berpotensi” mengalami financial distress untuk lima tahun yang akan datang yakni tahun 2023 hingga tahun 2027. Berdasarkan hasil pada penelitian ini, peneliti mengharapkan Bank KB Bukopin Syariah meningkatkan pengelolaan keuangan perusahaan sehingga tingkat kesehatan dapat terjaga dengan baik dan mempertahankan citra Bank KB Bukopin Syariah dimata nasabah saat ini dan di masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husaein, Nabilatul Mumtazah Putrinabilamumtazah5@gmail.comG04219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id199411082019032021
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Keywords: Tingkat kesehatan bank; metode RGEC; forecasting; financial distress
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nabilatul Mumtazah Putri Husaein
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:53
Last Modified: 21 Jul 2023 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63628

Actions (login required)

View Item View Item