Optimalisasi rute pengangkutan sampah berbasis sistem informasi geografi (sig): studi kasus TPA Srabah Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fiina, Alfi Zakiyatul (2023) Optimalisasi rute pengangkutan sampah berbasis sistem informasi geografi (sig): studi kasus TPA Srabah Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Zakiyatul Fiina_H75219018.pdf

Download (12MB)

Abstract

TPA Srabah merupakan tempat pelayanan pengelolaan sampah di Kabupaten Trenggalek dengan jumlah timbulan sampah terangkut di TPA sebesar 55.115 ton dari 107.294 ton jumlah timbulan sampah di Kabupaten Trenggalek. Dua pertiga (2/3) kondisi topografi tanah di Trenggalek merupakan daerah landai, sehingga berpengaruh pada proses pengangkutan. Aspek pengangkutan sampah merupakan sub-sistem pengelolaan sampah yang perlu diperhatikan, karena berkaitan erat dengan aspek biaya, waktu, dan tenaga. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui optimalisasi rute pengangkutan sampah di TPA Srabah menggunakan teknologi Sistem Informasi Geografi (SIG) serta untuk mengetahui efesiensi jarak dan biaya operasional dari perbandingan rute eksisting dengan rute perencanaan SIG. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data primer yang digunakan adalah jarak pengangkutan sampah, rute eksisting pengangkutan, titik koordinat, dan mekanisme pengangkutan sampah. Sedangkan, data sekunder yang digunkan data lokasi TPA, TPA, dan pool truk, jadwal pengambilan sampah, biaya bahan bakar eksisting, dan data jumlah armada truk pengangkutan sampah. Pengolahan data dilakukan menggunakan SIG. Langkah yang dibutuhkan pada permodelan SIG ialah pengolahan data atribut, pembuatan network dataset, dan analisis rute optimal. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasannya optimalisasi pengangkutan sampah menggunakan SIG dapat menghemat jarak tempuh sebesar 14 km/hari yang semula 253,9 km/hari menjadi 239,4 km/hari dan pada efisiensi pengeluaran biaya bahan bakar dapat menghemat 369.750,- perbulan atau 6% dari total biaya bahan bakar awal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fiina, Alfi Zakiyatulalfiinaz@gmail.comH75219018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwazna@uinsby.ac.id2028038601
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Sampah; rute pengangkutan; SIG; network analys; TPA Srabah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Alfi Zakiyatul Fiina
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:48
Last Modified: 21 Jul 2023 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63636

Actions (login required)

View Item View Item