Tindak pidana pencurian dengan kekerasan dalam keadaan yang memberatkan perspektif hukum pidana Islam: studi putusan Nomor 2179/Pid.B/2022/PN Sby

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Sofianti Sukma (2023) Tindak pidana pencurian dengan kekerasan dalam keadaan yang memberatkan perspektif hukum pidana Islam: studi putusan Nomor 2179/Pid.B/2022/PN Sby. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofianti Sukma Dewi_C03219041 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah :bagaimana perspektif hukum positif terhadap putusan Nomor 2179/Pid.B/2022/PN Sby tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan dalam keadaan yang memberatkan dan bagaimana perspektif hukum pidana Islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan :pertama, yang menjadi inti dari pada pasal 365 KUHP itu dirumuskan dalam pasal 362 KUHP. Pokoknya ialah pada perbuatan “mengambil” suatu barang yang menjadi ciri khas dari pencurian.Kedua, kasus ini dikategorikan sebagai tindak pidana pencurian akan tetapi tidak memenuhi semua unsur tindak pidana pencurian. Kemudian termasuk dalam tindak pidana ḥirābah yang memenuhi unsur mengambil harta tanpa membunuhserta telah mencapai nishab yang hukumannya ialah potong tangan dan kakinya secara bersilang yakni di potong tangan kanan dan kaki kirinya. Berdasarkan ayat 33 surah Al-Maidah unsur tindak pidana ḥirābah yang sesuai juga dengan putusan ialah pelaku dibunuh atau dihukum mati. Hal ini dikarenakan terdapatnya korban jiwa yang mana korban jiwa disini tidak harus mati. Sebab jiwa lebih tinggi kedudukannya dari pada harta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Sofianti Sukmasofiantisukma@gmail.comC03219041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafaah, Nurlailatulshafaadesign@yahoo.com2006047901
Subjects: Kekerasan
Keywords: Hukum pidana; pencurian; kekerasan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: sukma dewi
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:55
Last Modified: 21 Jul 2023 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63646

Actions (login required)

View Item View Item