Implementasi model evaluasi CIPP (Contex, Input, Process, and Product) pada pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan Junior Administrative Assistant di UPT Balai Latihan Kerja Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Miftahul, Miftahul Ainiyah (2023) Implementasi model evaluasi CIPP (Contex, Input, Process, and Product) pada pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan Junior Administrative Assistant di UPT Balai Latihan Kerja Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahul Ainiyah_D73219053 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang evaluasi program junior administrative assistant menggunakan model evaluasi CIPP di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam terhadap subjek. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian sebagai berikut : pertama, pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Junior Administrative Assistant di UPT Balai Latihan Kerja Surabaya dilaksanakan berdasarkan SKKN thn 2009 No. 7. Kedua, Implementasi Model Evaluasi CIPP (Contex, Insput, Process, and Product) pada Program Pendidikan dan Pelatihan Junior Administrative Assistant di UPT Balai Latihan Kerja Surabaya ini meliputi evaluasi context, evaluasi input, evaluasi process, dan evaluasi product. Pada evaluasi context meliputi dasar hukum pelaksanaan program, latar belakang program, analisis kebutuhan program, relevansi kurikulum program. Pada input meliputi penyelenggara program, instruktur program, peserta program, motode dan media program, sarana dan prasarana program, pedanaan program. Pada evaluasi process meliputi jadwal kegiatan program, kinerja penyelenggara program, aktivitas peserta program, evaluasi program. Pada evaluasi product meliputi penguasaan materi program, kelulusan dan output program. Ketiga, kendala dan solusi Implementasi Model Evaluasi CIPP (Contex, Insput, Process, and Product) pada Program Pendidikan dan Pelatihan Junior Administrative Assistant di UPT Balai Latihan Kerja Surabaya adalah kurangnya inovasi dari pemerintah yang masih menggunakan acuan tahun lalu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Miftahul, Miftahul Ainiyahmifaini0908@gmail.comD73219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNuril Huda, M.Pd, Muhammadnuril.huda@uinsby.ac.id1980062772008011006
Thesis advisorBachtiyar, M.Pd.I, Machfud-197704092008011007
Subjects: Ekonomi
Pendidikan > Evaluasi
Keywords: Evaluasi; program jaa; dan tori CIPP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MIFTAHUL AINIYAH
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:27
Last Modified: 21 Jul 2023 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63648

Actions (login required)

View Item View Item