Efektivitas media youtube Riri cerita anak interaktif terhadap keterampilan menulis kembali cerita fabel siswa kelas II SDN Cangkir Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspitasari, Siti Yuni (2023) Efektivitas media youtube Riri cerita anak interaktif terhadap keterampilan menulis kembali cerita fabel siswa kelas II SDN Cangkir Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Yuni Puspitasari_D97219103.pdf

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini terkait pada masalah rendahnya keterampilan menulis siswa pada materi menulis kembali cerita fabel. Tentunya permasalahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang pertama adalah kurangnya kosa kata yang dimiliki oleh siswa sehingga dalam menulis kata yang digunakan masih berulang. Faktor kedua adalah media yang digunakan masih konvensional, yaitu berupa buku siswa dan buku cerita sehingga siswa merasa bosan dan tidak bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kembali cerita fabel siswa dengan menggunakan media Youtube RIRI Cerita Anak Interaktif. Pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design yaitu dengan menggunakan satu kelas eksperimen untuk diberi perlakuan dengan media Youtube RIRI Cerita Anak Interaktif dan kelas kontrol dengan media konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes essay dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini didahului dengan Pre-test pada kedua kelas, kemudian untuk kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa media Youtube RIRI Cerita Anak Interaktif, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan media pembelajaran konvensional, lalu kedua kelas diadakan post-test untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 42,67 dan kelas kontrol 48,52. Untuk rata-rata nilai hasil posttest kelas eksperimen adalah 80,44 dan kelas kontrol 51,44. Sementara untuk uji N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh nilai gain sebesar 0,6595, sedangkan nilai gain kelas kontrol sebesar 0,0163, sehingga dapat dinyatakan terbukti kebenarannya sesuai dengan kriteria uji N-Gain bahwa penggunaan media Youtube RIRI Cerita Anak Interaktif lebih efektif dalam pembelajaran menulis kembali cerita fabel siswa kelas II SDN Cangkir Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspitasari, Siti Yunisitiyunipuspitasari@gmail.comD97219103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.id2027127301
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Keterampilan
Menulis
Dongeng
Keywords: Media Youtube; cerita anak interaktif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Yuni Puspitasari
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:19
Last Modified: 24 Jul 2023 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63649

Actions (login required)

View Item View Item