Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas III MINU Waru 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Lailatul (2023) Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas III MINU Waru 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Hidayah_D97219088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan koneksi matematis siswa kelas III di MINU Waru 1 Sidoarjo. Mereka masih kesulitan untuk menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang bermakna yang dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran dan memahami konsep matematika serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa yaitu model Contextual Teaching and Learning (CTL). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas III MINU Waru 1 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Sampel penelitian dipilih secara acak yaitu kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan kelas III-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian. Sebelum diberikan perlakuan, siswa diberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Setelah diberikan perlakuan, siswa diberikan post-test (tes akhir). Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post-test kelas eksperimen menunjukkan rata-rata skor yang diperoleh lebih tinggi yaitu 72,00 dibandingkan skor rata-rata di kelas kontrol yaitu 59,00. Selain itu, dari hasil analisis data uji hipotesis nilai Asymp. Sig. 0,011 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas III MINU Waru 1 Sidoarjo. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan kemampuan koneksi matematis. Terlihat pada hasil uji N-gain bahwa di kelas eksperimen mendapat rata-rata 0,526 berkategori sedang. Sedangkan di kelas kontrol mendapat rata-rata 0,037 berkategori rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Lailatullailatulhidayah582@gmail.comD97219088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Model Contextual Teaching and Learning (CTL); kemampuan koneksi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lailatul Hidayah
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:06
Last Modified: 24 Jul 2023 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63663

Actions (login required)

View Item View Item