Penerapan ecodrainage dengan metode lubang resapan biopori (lrb) untuk mereduksi genangan di desa kureksari Kecamatan Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetyo, Yasmin Fadhilah Putri (2023) Penerapan ecodrainage dengan metode lubang resapan biopori (lrb) untuk mereduksi genangan di desa kureksari Kecamatan Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yasmin Fadhilah Putri Prasetyo_H75219034.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kejadian banjir yang sering terjadi di Desa Kureksari, Kecamatan Waru disebabkan oleh beberapa faktor seperti padatnya permukiman penduduk, banyaknya tumpukan sampah, sedimentasi, curah hujan yang tinggi dan air sungai yang meluap. Sehingga, dibutuhkannya suatu alternatif yang dapat membantu mengurangi genangan yang terjadi salah satunya yaitu ekodrainase dengan metode lubang resapan biopori. Penerapan lubang resapan biopori dilakukan setelah mengevaluasi saluran drainase dengan ketentuan debit drainase saluran eksisting harus lebih besar dari debit rencana (Qrencana < Qeksisting). Kemudian, saluran drainase yang menunjukkan hasil evaluasi “Tidak Aman” dianalisis kebutuhan lubang resapan biopori di setiap salurannya dan dihitung presentase reduksi limpasannya. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat 66 saluran drainase yang “Tidak Aman” dari 281 saluran drainase yang diteliti. Setelah dilakukan analisis penerapan lubang resapan biopori yaitu apabila lubang resapan biopori dibuat dengan diameter 4 inch, kedalaman 100 cm, dan jarak antar lubang 50 cm sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 12 Tahun 2009 Tentang Pemanfaatan Air Hujan di sepanjang saluran drainase, dapat diketahui bahwa di 30 saluran drainase yang “Tidak Aman” penerapan lubang resapan biopori dapat membantu mereduksi genangan, sedangkan 36 saluran drainase lainnya tetap mengalami kelebihan air. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan lubang resapan biopori (LRB) di Desa Kureksari Kecamatan Waru dapat mereduksi genangan sebanyak 58,44% dari total seluruh genangan yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetyo, Yasmin Fadhilah Putriyasminprasetyo3@gmail.comH75219034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Thesis advisorSetyowati, Rr Diah Nugrahenidiahnugraheni@uinsby.ac.id2001058202
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Ecodrainage; metode lubang resapan biopori (lrb); genangan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Yasmin Prasetyo
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:02
Last Modified: 24 Jul 2023 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63666

Actions (login required)

View Item View Item