Fitoremediasi tanaman hydrilla (hydrilla verticillata) untuk menurunkan kadar logam berat seng (Zn) dengan menggunakan sistem batch

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Ayu Yulia (2023) Fitoremediasi tanaman hydrilla (hydrilla verticillata) untuk menurunkan kadar logam berat seng (Zn) dengan menggunakan sistem batch. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Yulia Rahmawati_H75219020.pdf

Download (6MB)

Abstract

Logam berat seng (Zn) merupakan logam yang dibutuhkan oleh mahkluk hidup, namun tidak dalam jumlah yang berlebih. Banyaknya logam Seng (Zn) dalam perairan akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi permasalahan ini maka diperlukan teknologi ramah lingkungan yakni dengan fitoremediasi. Fitoremediator yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah tanaman Hydrilla (Hydrilla verticillata). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi removal dalam menurunkan kadar logam Seng (Zn) dengan menggunakan tanaman Hydrilla (Hydrilla verticillata). Metode penelitian ini bersifat eksperimental laboratorium. Adapun variasi jumlah tanaman yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 dan 20 tanaman dengan waktu perlakuan selama 12 hari dan konsentrasi awal limbah artifisial adalah 2,94 mg/L. Pada penelitian ini reaktor A merupakan reaktor kontrol (0 tanaman), reaktor B dan C merupakan reaktor dengan 10 tanaman, serta reaktor D dan E merupakan reaktor dengan 20 tanaman. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini reaktor B didapatkan nilai efisiensi removal sebesar 72,45%, pada reaktor C didapatkan nilai efisiensi removal sebesar 71,77%, pada reaktor D didapatkan nilai efisiensi removal sebesar 85,37%, dan pada reaktor E didapatkan nilai efisiensi removal sebesar 84,35%. Hasil analisa uji One Way Anova didapatkan nilai 0,326 yang artinya tidak terdapat perbedaan secara signifikan pada penggunaan variasi jumlah tanaman Hydrilla verticillata untuk menurunkan kadar logam Seng (Zn).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Ayu Yuliaayuayuliarahmawati@gmail.comH75219020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorOktorina, Saritasaritaoktorina@gmail.com2005108701
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Subjects: Statistik
Teknologi
Teknik Lingkungan
Keywords: Fitoremediasi; tanaman hydrilla (hydrilla verticillata); logam berat seng (Zn); sistem batch
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ayu Rahmawati
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:20
Last Modified: 24 Jul 2023 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63670

Actions (login required)

View Item View Item