Analisis mutu kualitas air tanah menggunakan metode indeks pencemar (ip) serta metode storet pada musim pancaroba: studi kasus Desa Glagaharum Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwaningsih, Dita Putri (2023) Analisis mutu kualitas air tanah menggunakan metode indeks pencemar (ip) serta metode storet pada musim pancaroba: studi kasus Desa Glagaharum Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Putri Purwaningsih_H75219022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Air adalah kebutuhan yang sangat diperlukan oleh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari salah satunya air tanah. Namun, bukan berarti air tanah tersebut memiliki kualitas yang baik. Kecamatan Porong merupakan salah satu kecamatan yang terdampak lumpur Lapindo. Dampak dari lumpur Lapindo yaitu Desa Glagaharum. Setelah adanya luapan lumpur menyebabkan air tanah berubah dari segi warna, keruh, rasa serta bau. Perubahan pola cuaca juga dapat mempengaruhi kualitas air. Pada penelitian ini dilakukan pada musim pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kualitas air tanah serta mengetahui status mutu air tanah pada musim pancaroba yang ada di Desa Glagaharum. Jenis penelitian ini yaitu deskripsi kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel ditentukan dengan metode purposive sampling, pengambilan air sampel di lima titik yang tersebar di beberapa lokasi yaitu Dusun Mrisen, Dusun Kwaron serta Dusun Buaran dengan dua kali pengulangan (duplo) kemudian dianalisis di laboratorium untuk menentukan kualitas air. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini dengan perhitungan Indeks Pencemar pada semua titik sampling dikategorikan tercemar ringan. Sedangkan dengan perhitungan Storet sebagian besar dikategorikan tercemar berat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwaningsih, Dita Putriditaptrp@gmail.comH75219022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorOktorina, Saritasaritaoktorina@gmail.com2005108701
Thesis advisorSetyowati, Rr. Diah Nugrahenidiahnugraheni@uinsby.ac.id2001058202
Subjects: Lingkungan Hidup
Sumber Daya Manusia
Teknik Lingkungan
Keywords: Kualitas air tanah; musim pancaroba; metode indeks pencemar; metode storet
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Dita Purwaningsih
Date Deposited: 24 Jul 2023 05:50
Last Modified: 24 Jul 2023 05:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63678

Actions (login required)

View Item View Item