Analisis tingkat kemahiran menyelesaikan soal literasi numerasi siswa MI berdasarkan bentuk soal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawadah, Alfina Rakhma (2023) Analisis tingkat kemahiran menyelesaikan soal literasi numerasi siswa MI berdasarkan bentuk soal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfina Rakhma Mawadah_D04219002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tingkat kemahiran adalah tingkatan kemampuan literasi numerasi dalam AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) yang dibedakan menjadi lima jenis yaitu perlu pendampingan, dasar, cakap, terampil, dan perlu ruang kreasi. Kemampuan literasi numerasi adalah keterampilan dan kemampuan menggunakan berbagai angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan permasalahan praktis dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemahiran siswa MI dalam menyelesaikan soal literasi numerasi bentuk pilihan ganda biasa, pilihan ganda benar-salah, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan isian singkat. Untuk melihat tingkat kemahiran literasi numerasi siswa digunakan hasil numerasi AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) tahun 2022 yang disesuaikan dengan skor penilaian AKMI. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode evaluasi berdasarkan data hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2022 se-Nasional. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V MI se-Nasional yang menjadi peserta AKMI tahun 2022 berdasarkan dokumen hasil AKMI dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Teknik yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data penelitiannya ialah studi dokumentasi. Pada penelitian ini dokumen utama yang digunakan untuk penelitiannya adalah Dokumen Hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2022 pada jenjang MI. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemahiran siswa dalam menyelesaikan bentuk pilihan ganda biasa, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan isian singkat berada pada tingkat kemahiran “perlu pendampingan”. Tingkat kemahiran bentuk soal pilihan ganda benar salah berada pada tingkat “kemahiran dasar”. Tingkat kemahiran dasar merupakan satu tingkat di atas tingkat kemahiran perlu pendampingan. Berdasarkan perbandingannya tingkat kemahiran siswa dalam menyelesaikan bentuk soal pilihan ganda benar salah lebih unggul dibandingkan pilihan ganda biasa. Tingkat kemahiran siswa dalam menyelesaikan bentuk soal pilihan ganda biasa lebih unggul dibandingkan pilihan ganda kompleks. Tingkat kemahiran siswa dalam menyelesaikan bentuk soal pilihan ganda kompleks lebih unggul dibandingkan soal menjodohkan. Tingkat kemahiran siswa dalam menyelesaikan bentuk soal menjodohkan lebih unggul dibandingkan isian singkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawadah, Alfina Rakhmaalfinarakhmamawadah@gmail.comD04219002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com dan parto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: Literasi numerasi; tingkat kemahiran; bentuk soal; AKMI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Alfina Rakhma Mawadah
Date Deposited: 24 Jul 2023 05:43
Last Modified: 24 Jul 2023 05:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63680

Actions (login required)

View Item View Item