Pemanfaatan limbah sandal dari home industry di Desa Kepuh Kiriman Kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo sebagai material agregat kasar pada bahan campuran pembuatan paving block

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ruwantari, Ira Nur (2023) Pemanfaatan limbah sandal dari home industry di Desa Kepuh Kiriman Kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo sebagai material agregat kasar pada bahan campuran pembuatan paving block. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ira Nur Ruwantari_H95219046.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kegiatan industri merupakan salah satu faktor pendukung untuk menunjang pertumbuhan sektor ekonomi. Salah satu industri yang banyak berkembang pesat saat ini adalah slipper atau sandal. Dalam penelitian ini akan menggunakan campuran limbah sandal karet sebagai material agregat kasar. Limbah sandal dapat dimanfaatkan kembali untuk menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai jual, yaitu sebagai bahan campuran pembuatan paving block. Paving Block yang akan dibuat menggunakan kualitas mutu B K-200. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kuat tekan, daya serap air, dan SEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.Variasi paving yang dibuat Variasi limbah sandal yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0%, 10%, 15% dan 20% terhadap volume agregat kasar. Hasil optimal yang dihasilkan adalah pada variasi 15% dengan umur kuat tekan 28 hari dengan nilai rata-rata sebesar 18,8 Mpa, variasi 10% dengan umur kuat tekan 7 dan 14 hari dengan nilai rata�rata 21,2 Mpa dan 21,8 Mpa. Nilai hasil uji daya serap air yang paling optimal pada variasi 10% dengan nilai rata-rata 5%. Hasil uji SEM dengan variasi 15% dan 20% menunjukkan kandungan rongga udara dan penyebaran microcraks yang tinggi pada topografi benda uji. Sedangkan pada variasi 0% dan 10% penyebaran microcracks tidak terlalu signifikan dan benda uji memiliki kerapatan yang cukup tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ruwantari, Ira Nuriraanurtr25@gmail.comH95219046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratin@gmail.com2022038501
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Limbah sandal; paving block; kuat tekan; daya serap air; SEM
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ms. Ira Nur Ruwantari
Date Deposited: 24 Jul 2023 05:57
Last Modified: 24 Jul 2023 05:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63682

Actions (login required)

View Item View Item