Pengembangan model pembelajaran al-Qur’an dengan metode al-Kamal pada program peningkatan kompetensi baca tulis al-Qur’an (P2KBTA) UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novita, Almi (2023) Pengembangan model pembelajaran al-Qur’an dengan metode al-Kamal pada program peningkatan kompetensi baca tulis al-Qur’an (P2KBTA) UIN Sunan Ampel Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Almi Novita_02040820008.pdf

Download (4MB)

Abstract

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang memiliki program Pembinaan Tahsin Al-Qur’an dan Kompetensi Keagamaan Praktis bagi Mahasiswa sebagai bentuk ikhtiar nyata agar mahasiswa lulusan PTKIN dapat memiliki kompetensi membaca Al-Qur’an yang baik, dapat menghafal doa-doa harian serta ibadah praktis sebagai bekal hidup di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu produk pembelajaran Tahsin Al-Qur’an menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Kemudian produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh Ahli Materi dan Ahli Media. Validasi materi oleh Prof. Dr. H. Saiful Jazil, M. Ag memperoleh skor 46 dengan persentase 88%, maka kelayakan materi pada metode Al-Kamāl termasuk pada kategori sangat layak. Validasi ahli media oleh Hernik Farisia, M. Pd. I memperoleh skor 113 dengan persentase 94%. Dengan demikian kelayakan media pembelajaran Al-Qur’an metode Al-Kamāl juga termasuk pada kategori sangat layak. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode Al-Kamāl merupakan sebuah produk bahan ajar yang telah disusun sesuai dengan kebutuhan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya pada Program Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran dan Keagamaan Praktis (P2KBTA). Penyusunan produk bahan ajar telah melalui setiap tahapan dari model pengembangan ADDIE dan telah divalidasi oleh ahlinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novita, Almialmialminovita@gmail.com02040820008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturmunawirpgmi@gmail.com2027127301
Thesis advisorMunawir, Munawirevifatimatur@uinsby.ac.id2001086501
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Model pembelajaran; al-Qur’an; metode al-Kamal; kompetensi baca tulis al-Qur’an
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Almi Novita
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:39
Last Modified: 26 Jul 2023 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63684

Actions (login required)

View Item View Item