Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari kemampuan Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pertiwi, Fani Margi (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari kemampuan Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fani Margi Pertiwi_D74219023 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu cara untuk mengatasi permasalahan yang mengutamakan proses dan strategi. Dalam pembelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah ini dirasa sangat penting. Siswa dilatih bukan hanya untuk memahami, tetapi juga dilatih agar bisa memecahkan suatu masalah tingkat tinggi yaitu HOTS. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Sukodono tahun ajaran 2022/2023 dengan 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara berbasis tugas. Hasil data wawancara berbasis tugas selanjutnya dipaparkan dan dianalisis berdasarkan indikator pemecahan masalah dari Polya. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kemampuan matematika tinggi pada langkah memahami masalah siswa mampu menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, pada langkah menyusun rencana siswa kurang mampu menggunakan semua informasi yang ada dan mampu menyusun rencana pemecahan masalah, pada langkah melaksanakan rencana siswa mampu menggunakan rencana langkah-langkah pemecahan masalah, dan pada langkah memeriksa kembali hasil siswa tidak mampu memeriksa kebenaran hasil yang didapat. (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kemampuan matematika sedang pada langkah memahami masalah siswa kurang mampu menentukan apa yang diketahui dan mampu menentukan yang ditanyakan dalam soal, pada langkah menyusun rencana siswa kurang mampu menggunakan semua informasi yang ada dan mampu menyusun rencana pemecahan masalah, pada langkah melaksanakan rencana siswa mampu menggunakan rencana langkah-langkah pemecahan masalah, dan pada langkah memeriksa kembali hasil siswa tidak mampu memeriksa kebenaran hasil yang didapat. (3) kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kemampuan matematika rendah pada langkah memahami masalah siswa kurang mampu menentukan apa yang diketahui dan mampu menentukan yang ditanyakan dalam soal, pada langkah menyusun rencana siswa tidak mampu menggunakan semua informasi yang ada dan tidak mampu menyusun rencana pemecahan masalah, pada langkah melaksanakan rencana siswa tidak mampu menggunakan rencana langkah-langkah pemecahan masalah, dan pada langkah memeriksa kembali hasil siswa tidak mampu memeriksa kebenaran hasil yang didapat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pertiwi, Fani Margifanimargi10@gmail.comD74219023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; HOTS; kemampuan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fani Margi Pertiwi
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:19
Last Modified: 25 Jul 2023 01:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63687

Actions (login required)

View Item View Item