Kesesuaian pemilihan metode Demonstrasi dengan karakteristik Materi Pelajaran PAI dan BP Kelas VIII-C: studi kasus di SMPN 22 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najah, Nib'ros Alfin (2023) Kesesuaian pemilihan metode Demonstrasi dengan karakteristik Materi Pelajaran PAI dan BP Kelas VIII-C: studi kasus di SMPN 22 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nib'ros Alfin Najah_D91219138 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran berdampak besar terhadap pemahaman siswa. Metode demonstrasi adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam mata pelajaran PAI dan BP. Metode demonstrasi masih eksis dan selalu digunakan dari tahun ke tahun utamanya pada mata pelajaran PAI dan BP. Mata pelajaran PAI dan BP berisi mengenai materi-materi keagamaan yang akan selalu diterapkan dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menyampaikan materi shalat guru biasanya menggunakan metode demonstrasi dengan cara memperagakan langsung bagaimana sesuatu dapat terjadi. Dalam skripsi ini penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dari hasil observasi di lapangan, wawancara dengan guru PAI dan BP, dan siswa kelas VIII-C, wakil kepala sekolah, waka Sarpras, kuesioner dan dokumentasi untuk mendukung informasi yang didapatkan dari informan. Adapun penelitian ini menunjukkan jika implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI dan BP materi shalat sudah terlaksana dengan baik. Hal tersebut didukung dengan tersedianya fasilitas yang memadai serta lingkungan yang nyaman untuk belajar. Guru PAI dan BP memiliki pengalaman serta kemampuan yang baik sehingga dapat menerapkan metode ini dengan maksimal. Selain itu, respon siswa terhadap penerapan metode demonstrasi juga sangat baik. Siswa sangat senang karena ketika menerapkan metode demonstrasi pembelajaran akan dilaksanakan diluar kelas yaitu di masjid. Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI dan BP hanya diterapkan pada materi procedural seperti materi shalat ini. Dengan demikian, metode demonstrasi sangat sesuai diterapkan pada materi shalat. Kesesuaian metode demonstrasi ini sejalan dengan karakteristik materi pembelajaran yang merupakan ilmu terapan sehingga dengan mendemonstrasikan kepada siswa maka siswa akan mengetahui apakah pengetahuan yang dimiliki sudah benar atau belum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najah, Nib'ros Alfinnajahalfina@gmail.comD91219138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Metode Demonstrasi; Materi Pelajaran PAI; kesesuaian pemilihan metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nib'ros Alfin Najah
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:29
Last Modified: 24 Jul 2023 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63690

Actions (login required)

View Item View Item