Optimalisasi pengelolaan sampah di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iliyin, Adzan (2023) Optimalisasi pengelolaan sampah di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adzan Iliyin _H75217051 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Desa Bungah adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Bungah,Kabupaten Gresik. Kurangnya literasi atau pemahaman akan pengolahan sampah terhadap masyarakat Desa Bungah, membuat sistem pengolahan sampah yang ada di Desa Bungah kurang optimal dengan hanya melakukan pengumpulan sampah dan langsung dibuang. Dalam pengelolaan sampah, ada hal yang perlu dipertimbangkan terkait aspek sistem pengelolaan sampah yang dilakukan secara terpadu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pengoptimalan pengelolaan sampah ditinjau segi teknis operasional dan kelembagaan. Metode penelitian dalam mengukur jumlah sample yaitu berdasarkan SNI 19-3964-1994, sehingga mendapatkan 23 KK jumlah sample. Dari hasil sampling yang dilakukan, didapatkan, densitas sampah sebesar 133.48 kg/m3, dengan rata-rata komposisi sampah didominasi sampah organik sebesar 45.0% dan komposisi sampah nonorganik sebesar 55,0%. Sedangkan rata-rata timbulan sampah 2.61 l/org/hari atau 0.35 kg/org/hari. Hasil penelitian pewadahan organik dan anorganik menggunakan sistem individual yang berkapasitas 25 liter berbahan plastik HDPE.Sedangkan pada aspek pengumpulan menggunakan gerobak motor roda tiga yang berjumlah 5 unit yang berkapasitas 1.75 m3. Pengelolaan sampah yang dilakukan terdiri atas 2 aspek yaitu aspek teknis dan aspek non teknis. Aspek teknis terdiri atas sistem pewadahan dan sistem pengumpulan. Sedangkan aspek non teknis terdiri atas pembentukan kelembagaan pengelolaan sampah dan membuat rencana finansial untuk pengeluran perbulan dan iuran setiap kepala keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iliyin, Adzanadzaniliyin16@gmail.comH75217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.com2007108402
Thesis advisorPribadi, Arqowiarqowi.pribadi@uinsby.ac.id2003018701
Subjects: Kebersihan
Daur Ulang
Lingkungan Hidup
Keywords: Optimalisasi; pengelolaan sampah; kelembagaan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: adzan iliyin
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:25
Last Modified: 24 Jul 2023 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63709

Actions (login required)

View Item View Item