Analisis prediksi harga saham PT Telekomunikasi Indonesia menggunakan Support Vector Machine (SVM)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadini, Dwi (2023) Analisis prediksi harga saham PT Telekomunikasi Indonesia menggunakan Support Vector Machine (SVM). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Rahmadini_H96219044 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Harga pasar saham menjadi salah satu masalah yang signifikan di pasar finansial karena naik turunnya harga setiap hari. Beberapa faktor seperti lokal dan iklim ekonomi global, kondisi politik, dan aktivitas pasar menjadi dampak yang dapat mempengaruhi harga pasar saham. Menyebabkan pergerakan saham menjadi tidak menentu dan sulit untuk ditebak. Sehingga para investor harus lebih hati-hati dalam membeli saham atau mempertahankan saham yang dimiliki. Oleh karena itu, untuk membantu para investor membuat keputusan yang optimal, dibutuhkan suatu langkah yang tepat seperti memprediksi perilaku harga pasar saham. Penelitian ini memprediksi harga penutupan saham pada PT. Telekomunikasi Indonesia sehingga penelitian ini melakukan prediksi secara univariat. Tujuan pada penelitian ini adalah mengimplementasikan model serta melakukan prediksi harga saham di PT.Telekomunikasi Indonesia. Menggunakan metode SVM yang diuji melalui skenario dalam penginputan window_size dan fungsi kernel. Parameter yang digunakan untuk pemodelan adalah parameter C sebesar 100 untuk semua kernel, parameter degree sebesar 1 untuk kernel polynomial, dan gamma sebesar 0.0001 untuk kernel RBF. Sehingga didapatkan pemodelan fungsi kernel yang paling optimal yaitu kernel polynomial pada ukuran window_size sebesar 3, dengan RMSE sebesar 67.546 dan MAPE sebesar 0.01. Sehingga disimpulkan bahwa performa kernel polynomial memiliki kekuatan akurasi yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadini, Dwidwirahmadini1234@gmail.comH96219044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunaefi, Anangakunaefi@uinsby.ac.id-
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id2027097901
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Prediction; Stock Price; SVM
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Dwi Rahmadini
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:45
Last Modified: 24 Jul 2023 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63710

Actions (login required)

View Item View Item