Pembangunan Ibu Kota Nusantara sebagai Smart Forest City dalam perspektif Green Constitution

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijaya, Septian Hendra (2022) Pembangunan Ibu Kota Nusantara sebagai Smart Forest City dalam perspektif Green Constitution. Masters thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Septian Hendra Wijaya_02040421018 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat normatif dengan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (konseptual approach). Adapun teori yang di gunakan menggunakan teori Pembangunan Yang Berkelanjutan dengan konsep Smart Forest City dan Teori Green Constitution. Data yang dikumpulkan dihimpun melalui pembacaan dan menggunakan teknik intepretasi hukum sistematika dan intepretasi hukum gramatikal. kajian teks (text reading), untuk menemukan jawaban atas isu hukum yang dikaji. Dalam hal pengumpulan bahan hukum digunakan teknis studi kepustakaan yang diambil dari sumber-sumber bahan hukum yang representatif, bahan hukum bersumber dari perundang-undangan yang telah berlaku. Menggunakan penalaran deduktif untuk menghasilkan proposisi dan konsep baik berupa definisi, deskripsi maupun konsep sebagai hasil sebuah penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan Smart Forest City diharapkan tidak hanya sekedar terpaku pada pembangunan Ibu Kota Nusantara yang mengedepankan kemajuan teknologi saja, tetapi dengan hadirnya Green Constitution dalam konstitusi Indonesia merupakan suatu Hal yang menjadi upaya perkembangan baru dalam menjamin hak dan kewajiban Lingkungan. Di Indonesia, Lingkungan sebagai subyek hukum baru dikembangkan dalam tataran praktis saja, sehingga berdasarkan beberapa persamaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing negara, harapannya Indonesia dengan komitmen eksekutif dan legislatif khususnya dapat, lebih serius dalam upaya pemeliharan lingkungan yang berkelanjutan. Sebagai tanggung jawab negara bagi generasi yang akan datang. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka dengan adanya pembangunan Ibu Kota Nusantara dapat terintegrasi dengan lingkungan sekitar yang merupakan suatu hak masyarakat yang bertempat tinggal mengharapkan keberlangsungan hutan serta lingkungan hidup yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijaya, Septian HendraSeptianhendraww12@gmail.com02040421018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahar, Moh. Syaefulbosbahar@yahoo.com2015037803
Thesis advisorAmin, Mahirmahir@uinsby.ac.id2004127205
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Ibu Kota Nusantara; Smart Forest City; Green Constitution.
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Septian Hendra Wijaya
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:24
Last Modified: 18 Jul 2023 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63723

Actions (login required)

View Item View Item