Pengaruh penggunaan media pembelajaran LUDO MATH terhadap hasil belajar Matematika materi Pecahan Kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azlina, Mazaya Li (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran LUDO MATH terhadap hasil belajar Matematika materi Pecahan Kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mazaya Li Azlina_D07219021 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah siswa yang merasa bosan, kurang antusias dan kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran matematika dikarenakan guru belum memanfaatkan media yang menarik, dimana hal tersebut membuat hasil belajar kognitifnya rendah. Tujuan dalam penelitian ini ialah: 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika sebelum menggunakan media LUDO MATH. 2) untuk mengetahui hasl belajar matematika setelah menggunkan media LUDO MATH. 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media LUDO MATH terhadap hasil belajar matematika materi pecahan kelas IV. Pada penelitian ini, menggunakan metode kuantitatif, jenis quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini menggunakan dua kelas dengan diberikan perlakuan menggunakan media ludo math di kelas eksperimen (IVB) dan menggunakan pembelajarann konvensional di kelas kontrol (IVA). Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes dan dokumentasi. Sebelum diberikan perlakuan, dilakukan tes awal (Pretest) dan diberikan tes akhir (Posttest) setelah dilaksanakan perlakuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil dari penelitian yakni: 1) hasil belajar matematika sebelum menggunakan ludo math diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 54,91, dan kelas kontrol sebesar 51,88. 2) hasil belajar matematika setelah menggunkan media ludo math diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 86,00, dan kelas kontrol sebesar 78,88. 3) uji N-Gain terdapat hasil belajar siswa mengalami peningkatan tinggi pada kelas eksperimen sebesar 0,70 dan kelas kontrol mengalami peningkatan sedang sebesar 0,56. Yang artinya penggunaan media 3D terhadap hasil belajar Matematika materi pecahan yang diperoleh melalui indikator kognitif siswa kelas IV tersebut mengalami peningkatan secara signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azlina, Mazaya Limazayaliazn@gmail.comD07219021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media Ludo Math; hasil belajar Matematika; pecahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mazaya Li Azlina
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:18
Last Modified: 27 Jul 2023 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63732

Actions (login required)

View Item View Item