Pengaruh penggunaan metode fernald terhadap kemmapuan membaca permulaan siswa kelas 1 di MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Nadia Aulia Al (2023) Pengaruh penggunaan metode fernald terhadap kemmapuan membaca permulaan siswa kelas 1 di MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Aulia Al Karimah_D07219022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan anak kelas 1 MI Islamiyah Sumberwudi dalam membaca. Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca diantaranya berasal dari faktor keturunan, faktor keluarga, faktor lingkungan dan dirinya sendiri. Sedangkan cara penanganan anak kelas 1 yang masih belum lancar membaca dapat dilakukan dengan bimbingan secara privat dan memberikan reward ketika proses bimbingan, dengan cara ini dapat membangun motivasi anak lebih semangat dan giat mampu untuk membaca. Metode yang digunakan dalam Sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metode fernald. Penelitian ini bertujuan untuk, (pertama) mengetahui kemampuan membaca permulaan sebelum dan sesudah menggunakan metode fernald, (kedua) mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan adalah jenis One Grup Pretest-Posttest Design. Metode yang digunakan dalam analisis data kuantitatif termasuk metode analisis inferensial. Penelitian dilakukan dengan melakukan tes sebelum perlakuan (Pretest) dan setelah perlakuan (Posttest), masing-masing dilakukan sebanyak 3 kali tes untuk mengetahui kestabilan nilai dan peningkatan nilai. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Statistik Deskriptif, Uji Aumsi Klasik, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menjukkan bahwa : 1) Hasil yang ditunjukkan pada rata-rata Pretest 1 sampai dengan Pretest 3 adalah 51,60 - 54,00, sedangkan rata-rata pada nilai Posttest 1 sampai dengan Posttest 3 antara nilai 56,60 - 62,4. Setelah dilakukan perlakuan nilai yang didapatkan meningkat. 2) Hasil Uji-t menunjukkan Sig.(2-tailed) sebesar 0,012 < 0,05 sehingga metode fernald membuktikan nilai yang signifikan dan berngaruh efektif terhadap kemampuan membaca anak disleksia. Dapat disimpulkan bahwa Ho tidak terdapat pengaruh atau ditolak dan Ha terdapat pengaruh atau diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Nadia Aulia Alnadiaauliaalkarimah09@gmail.comD07219022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.id2027127301
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Baca
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Metode Fernald; kemampuan membaca; disleksia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Aulia Al Karimah
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:38
Last Modified: 26 Jul 2023 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63736

Actions (login required)

View Item View Item