Penerapan regresi spatial durbin model dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kriminalitas di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farmita, Mayandah (2023) Penerapan regresi spatial durbin model dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kriminalitas di Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mayandah Farmita_H92219051.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tingginya angka kriminalitas akan menciptakan rasa keresahan dan kerugian bagi semua orang. Salah satu provinsi dengan kriminalitas yang tinggi adalah Jawa Timur. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kejahatan di Jawa Timur sebagai salah satu upaya mitigasi untuk meminimalisir tindak kriminalitas tersebut. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kejahatan di Jawa Timur yang diteliti antara lain kepadatan penduduk, jumlah penduduk miskin, penganggguran, IPM, PDRB dan pengeluaran per kapita yang dikaitkan dengan kondisi geografis di setiap daerah (kabupaten/kota). Penelitian ini menggunakan metode statistik yaitu Spatial Durbin Model (SDM), yang merupakan bentuk pengembangan dari (Spatial Autoregressive Model) SAR sehingga tidak hanya memiliki lag spasial pada variabel dependen, namun juga memilikin lag spasial pada variable independen. Berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan hasil bahwa faktor yang berpengaruh adalah pengangguran, IPM, PDRB dan pengeluaran per kapita dan hasil R-square didapatkan sebesar 85.18%. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara aksesibilitas spasial dengan tindakan kejahatan, dimana pengangguran, IPM, PDRB dan pengeluaran per kapita pada suatu wilayah dapat mempengaruhi kerentanan daerah terhadap kriminalitas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting dalam upaya penanganan kriminalitas di Provinsi Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farmita, Mayandahmayyanda30@gmail.comH92219051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalapuput.in@gmail.com0728058802
Subjects: Matematika
Statistik
Keywords: Kriminalitas; spasial; spatial durbin model
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Mayandah Farmita
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:28
Last Modified: 26 Jul 2023 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63749

Actions (login required)

View Item View Item