Efektivitas penggunaan multimedia interaktif berbasis android terintegrasi nilai-nilai Islam terhadap hasil belajar dan karakter religius peserta didik pada materi bumi dan tata surya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chaaniyah, Aisyah Abiidatul (2023) Efektivitas penggunaan multimedia interaktif berbasis android terintegrasi nilai-nilai Islam terhadap hasil belajar dan karakter religius peserta didik pada materi bumi dan tata surya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Abiidatul Chaaniyah_D9A219016.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, banyak peserta didik mendapatkan nilai dibawah KKM. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil penilaian harian peserta didik pada materi sebelumnya sebesar 64,5. Pandemi Covid-19 berpotensi untuk menurunkan karakter religius peserta didik, ini merupakan salah satu dampak dari pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini dibuktikan dengan sikap peserta didik yang kurang sopan atau kurang menghargai guru. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan yaitu penggunaan multimedia interaktif berbasis android yang di dalamnya terdapat integrasi nilai-nilai Islam dengan materi bumi dan tata surya. Integrasi nilai-nilai Islam dengan materi IPA peserta didik dapat menggagumi kekuasaan dan kebesaran Allah, sehingga menjadikan peserta didik memiliki perilaku dan akhlak yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan multimedia interaktif berbasis android terintegrasi nilai-nilai Islam terhadap hasil belajar dan karakter religius peserta didik pada materi bumi dan tata surya kelas. Metode penelitian ini adalah quasi experimental (eksperimen semu) dengan desain non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII di SMP Negeri 26 Surabaya tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini lakukan adalah Cluster Random Sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VII C untuk kelas kontol dan VII A umtuk kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis lembar angket, analisis lembar observasi, uji Independent Sample T-Test, dan perhitungan nilai N-Gain. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan karakter religius setelah menggunakan multimedia interaktif. Hal ini dibuktkan dengan hasil output uji Independent Sample T-Test, nilai signifikasi sebesar 0,000 dimana nilai sig. 0,000 < 0,05 maka H1 diterima artinya adanya perbedaan ada perbedaan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil perhitungan rata rata nilai N-Gain posttest pada kelas eksperimen sebesar 0,68 (kategori sedang). Rata-rata hasil nilai angket respon peserta didik sebesar 88 dengan kategori (sangat baik). Rata-rata hasil nilai karakter religius didik sebesar 91 (kategori sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis android terintegrasi nilai-nilai Islam efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter religius peserta didik pada materi bumi dan tata surya kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chaaniyah, Aisyah Abiidatulaisyahabidatul19@gmail.comD9A219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsby.com2020068902
Subjects: Fisika
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan
Keywords: Multimedia interaktif; hasil belajar; karakter religius
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Aisyah Abiidatul Chaaniyah
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:12
Last Modified: 26 Jul 2023 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63750

Actions (login required)

View Item View Item