Penggunaan regresi data panel terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktafiana, Farika Alfiyah (2023) Penggunaan regresi data panel terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farika Alfiyah Oktafiana_H72219028 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jawa Barat merupakan provinsi yang menduduki posisi teratas dalam kasus tingkat pengangguran terbanyak pada tahun 2022 yaitu sebesar 8.31%. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk dilakukannya analisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kasus tingkat pengangguran terbuka di Jawa Barat dengan panel regression. Metode tersebut penggabungan data antara time series dan cross section. Data yang digunakan terdiri dari variabel terikat dan variabel yang diduga dapat berpengaruh pada tingkat pengangguran terbuka, yang terdiri dari Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Laju Pertumbuhan Penduduk, Rasio Ketergantungan, Rata-Rata Lama Sekolah, Laju Pertumbuhan Ekonomi, dan Upah Minimum Kota/Kabupatan (UMK). Data penelitian diambil dari BPS Jawa Barat pada tahun 2018-2022. Pengujian model terbaik diukur melalui Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM), dan Random Effect Model (REM). Dari penelitian ini diketahui bahwa model terbaik yaitu model REM dengan menggunakan estimasi GLS dan didapatkan nilai koefisien determinasinya 85% dengan faktor-faktor yang dapat berkontribusi besar pada kasus tingkat pengangguran terbuka yaitu TPAK X1, laju pertumbuhan penduduk X3, Laju pertumbuhan ekonomi X5, dan UMK X7.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktafiana, Farika Alfiyahfarikaalfiyah12@gmail.comH72219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHafiyusholeh, Moh.hafiyusholeh@uinsby.ac.id2004028001
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakimbungah@gmail.com2025127301
Subjects: Matematika
Pengangguran
Statistik
Keywords: Pengangguran; regresi data panel; time series; cross section
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Farika Alfiyah Oktafiana
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:10
Last Modified: 25 Jul 2023 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63753

Actions (login required)

View Item View Item