Implikasi kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pengamalan Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 3 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiyah, Lailatul (2023) Implikasi kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pengamalan Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 3 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Lutfiyah_D91219118 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan salah satu program dari Kurikulum Merdeka yang masuk dalam kegiatan kokurikuler yang berlaku terbatas hanya pada sekolah yang termasuk Sekolah Penggerak yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Salah satunya UPT SMP Negeri 3 Gresik yang menyelenggarakan kegiatan projek profil dengan mengambil tema bangunlah jiwa dan raganya subtema anti perundungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) penyelenggaraan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila di UPT SMP Negeri 3 Gresik, (2) implikasi kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pengamalan pendidikan agama Islam di UPT SMP Negeri 3 Gresik, serta (3) faktor pendukung dan penghambat kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pengamalan pendidikan agama Islam di UPT SMP Negeri 3 Gresik. Berdasarkan upaya yang dilakukan peneliti dalam mencapai tujuan penelitian tersebut, maka jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, di mana peneliti menarasikan data yang telah diperoleh dalam narasi deskriptif. Hal ini dipilih karena dianggap sesuai dan dapat memberikan gambaran mengenai penyelenggaraan kegiatan projek profil dan implikasinya dalam pengamalan pendidikan agama Islam khususnya dari segi akhlak beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang didapat yaitu (1) penyelenggaraan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila di UPT SMP Negeri 3 Gresik terlaksana sebagaimana perencanaan awal dan sesuai dengan kebijakan Kemendikbud, (2) kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki implikasi dalam pengamalan pendidikan agama Islam khususnya dari segi akhlak yang tercermin dari menurunnya kasus perundungan di UPT SMP Negeri 3 Gresik dari 31 kasus menjadi 18 kasus, (3) faktor pendukung kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pengamalan pendidikan agama Islam yakni adanya mitra ahli, narasumber dari luar, dan metode pembelajaran yang beragam memudahkan peserta didik memahami materi terkait perundungan sehingga bisa mempraktikkannya pada kehidupan sehari-hari, sedangkan faktor penghambatnya yakni dari sisi peserta didik yang kurang aktif, masih malu, dan tidak fokus selama kegiatan projek berlangsung serta faktor pergaulan dan lingkungan tempat tinggal yang sering melakukan bullying.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiyah, Lailatullailatullutfiyah06@gmail.comD91219118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Agama
Akhlak > Akhlak Mulia
Metode Pembelajaran
Keywords: Projek penguatan profil pelajar Pancasila; PAI; perundungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lailatul Lutfiyah
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:06
Last Modified: 25 Jul 2023 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63757

Actions (login required)

View Item View Item