Efektivitas penerapan strategi Poster Comment dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran PAI peserta didik Kelas VIII di UPT SMPN 12 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Nurul Fadilla (2023) Efektivitas penerapan strategi Poster Comment dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran PAI peserta didik Kelas VIII di UPT SMPN 12 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fadilla Putri_D91219141 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan dunia yang memudahkan kita mendapat berbagai informasi apapun harus disikapi dengan keterampilan berpikir kritis agar kita tidak terjerumus kepada informasi yang menyesatkan. Berpikir kritis perlu diterapkan kepada peserta didik agar melatih mereka dalam menyaring informasi dengan teliti dan bijak untuk masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan setelah diterapkan strategi poster comment serta efektivitas penerapan strategi tersebut dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran PAI peserta didik kelas VIII di UPT SMPN 12 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif-eksperimen dengan desain Pre Test – Post Test Control Group untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan diterapkannya strategi poster comment pada pembelajaran PAI. Teknik sampel yang digunakan adalah random class dengan teknik matching dengan dasar melihat rata-rata nilai dari kedua kelas tersebut. Untuk mengumpulkan data dengan menggunakan metode angket (kuesioner), tes, dan dokumentasi. Sedangkan, menganalisis datanya dengan analisis deskriptif dan nonparametrik. Hasil akhir dari penelitian yaitu; 1) Keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII sebelum diterapkan strategi poster comment sangat kurang, karena rata-rata nilai pre-test yang didapat hanya sebesar 38.46 dengan nilai minimal 10 dan maksimal 80. 2) Keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan strategi poster comment meningkat, dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai post-test sebesar 52.69 dengan nilai maksimal 90. Selain itu, hasil dari kelas eksperimen (Kelas VIII-A) ini lebih baik daripada kelas kontrol (Kelas VIII-B) yang hanya mendapat hasil nilai rata-rata post-test sebesar 32.59 dengan nilai maksimal hanya 60. 3) Ada efektivitas dari penerapan strategi poster comment dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran PAI peserta didik kelas VIII di UPT SMPN 12 Gresik, yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis (Mann Whitney) memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.001 yang diartikan < 0.05. Jadi, ditolaknya Hipotesis nol (H0) dan diterimanya Hipotesis alternatif (Ha).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Nurul Fadillanurulfadilaputri2@gmail.comD91219141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Strategi Poster Comment; keterampilan berpikir kritis peserta didik; pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Fadilla Putri
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:52
Last Modified: 25 Jul 2023 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63759

Actions (login required)

View Item View Item