Efektivitas model PBL (Problem Based Learning) berbantu linktree untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas VIII pada materi getaran, gelombang dan bunyi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardhotillah, Anisa Fittri (2023) Efektivitas model PBL (Problem Based Learning) berbantu linktree untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas VIII pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisa Fitri Mardhotillah_D9A219018.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan Literasi Sains dibutuhkan dalam mneghadapi perubahan kehidupan di abad 21 ini. Satuan pendidikan dalam menyikapi hal tersebut perlu berupaya dalam meningkatkan literasi sains siswa. Model pembelajaran berbasis masalah atau sering disebut Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang sintaks memiliki kesamaan dengan dimensi kompetensi literasi sains. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berbantu linktree untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas VIII pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif memakai jenis penelitian quasi eksperimen jenis quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Pengambilan sample menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney, N-Gain, analisis lembar observasi dan angket. Hasil penelitian melalui uji Mann-Whittney menyatakan nilai signifikansi 0,000 < nilai alpha (0,05) artinya antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol ditemukan perbedaan yang signifikan, dengan rata-rata peningkatan literasi sains kelas eksperimen sebesar 52,63 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 34,36. Dan di uji dengan N-Gain menunjukan hasil 0,31 artinya berada diantara rentan 0,3 ≤ N - Gain ≤ 0,7 yang menunjukan peningkatan “sedang” pada literasi sains siswa kelas eksperimen. Hasil observasi rata-rata aktivitas guru menunjukan 82% melaksanakan pembelajaran PBL berbantu linktree dan aktivitas siswa 87% melaksanakan pembelajaran PBL berbantu linktree yang artinya diatas rata-rata minimum efektivitas pelaksanaan pembelajaran yaitu 60%. Dan hasil angket respon positif siswa dominan menjawab setuju dengan rata-rata 78% yang artinya diatas rata-rata minimun efektifitas pembelajaran ditinjau dari respon positif siswa yaitu 75%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardhotillah, Anisa Fittrianisafitrimardho@gmail.comD9A219018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Fisika
Internet
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model problem based learning (PBL); linktree; literasi sains
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: anisa firi mardhotillah
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:04
Last Modified: 26 Jul 2023 04:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63765

Actions (login required)

View Item View Item