Pemodelan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia menggunakan regresi semiparametrik b-spline

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muryanto, Tiarra Dellaviyanie (2023) Pemodelan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia menggunakan regresi semiparametrik b-spline. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiarra Dellaviyanie Muryanto_H02219019 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengangguran sering kali menjadi masalah tersendiri di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tingkat pengangguran di Indonesia pada tahun 2021 mencapai angka 9,1 juta kasus. Hal tersebut menurun dari tahun sebelumnya yang mencatat 9,7 juta kasus. Meskipun mengalami penurunan, menurut laporan IMF pengangguran Indonesia masih berada pada peringkat kedua tingkat pengangguran tertinggi se-Asia Tenggara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil pemodelan Tingkat Pengangguran Terbuka menggunakan metode Regresi Semiparametrik B-spline serta mengetahui nilai akurasinya. Metode Regresi Semiparametrik merupakan penggabungan dari elemen parametrik dan nonparamterik sedangkan B-spline merupakan basis polinomial yang memiliki fitur tersegmentasi dan titik knot di tengahnya. Variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tingkat Pengangguran Terbuka, sedangkan variabel prediktornya adalah indikator Produk Domestik Bruto Daerah (PDRB), Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK), Upah Minimum Regional (UMR), rata-rata lama sekolah, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan jumlah penduduk. Model Regresi Semiparametrik B-spline terbaik untuk memprediksi Tingkat Pengangguran Terbuka didapatkan ketika GCV terendah bernilai 1.155563 dengan jumlah titik knot pada setiap komponen nonparametrik adalah 2 dengan orde 2 pada t1, orde 3 pada t2 dan orde 2 pada t3. Nilai MAPE yang diperoleh dari model terbaik B-spline adalah 4.45%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muryanto, Tiarra Dellaviyanietiaradlvyn2011@gmail.comH02219019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Thesis advisorYuliati, DianDIAN.YULIATI@uinsby.ac.id2014078703
Subjects: Matematika
Keywords: Tingkat pengangguran terbuka; regresi semiparametrik; model b-spline
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Tiarra Dellaviayanie Muryanto
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:47
Last Modified: 25 Jul 2023 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63768

Actions (login required)

View Item View Item