Peningkatan hasil belajar Matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantu Kartu Pecahan pada materi Pecahan siswa Kelas 3B MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Aulia (2023) Peningkatan hasil belajar Matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantu Kartu Pecahan pada materi Pecahan siswa Kelas 3B MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Puspita_D97219066 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika materi pecahan pada kelas 3B MI Badrussalam Surabaya, hal tersebut terjadi karena beberapa faktor di antaranya matematika merupakan ilmu yang abstrak, penggunaan metode yang monoton dan tidak ada media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas 3B MI Badrussalam Surabaya dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantu kartu pecahan. Adapun tujuan khususnya adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan PMRI berbantu kartu pecahan terhadap hasil belajar matematika kelas 3B dan peningkatan hasil belajar materi pecahan kelas 3B. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa siklus I dan siklus II. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 3B MI Badrussalam Surabaya dengan diberikan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) berbantu kartu pecahan. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes yang berbentuk essay, lembar observasi, lembar wawancara, RPP dan dokumentasi. Sebelum diberikan tindakan, dilakukan tes awal (pretest) dan sesudah diberikan tindakan diberi kan tes akhir (posttest) setelah dilaksanakan tindakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika digunakan beberapa rumus untuk menghitung hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas Pretest sebesar 46,42 Dan hasil ketuntasan minimal belajar sebesar 24%. setelah dilakukan posttest pada siklus ke 2 nilai rata-rata kelas sebesar 86% dan hasil ketuntasan minimal belajar sebesar 81,19, pada nilai observasi guru pun juga meningkat menjadi 89,47 dan nilai observasi siswa menjadi 89,7. Yang artinya penggunaan pendekatan PMRI berbantu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan kelas 3B Surabaya secara signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Auliaauliapst01@gmail.comD97219066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Belajar
Guru
Matematika
Keywords: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI); Kartu Pecahan; hasil belajar; pecahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aulia Puspita
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:09
Last Modified: 25 Jul 2023 05:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63771

Actions (login required)

View Item View Item