Identifikasi jenis dan kelimpahan mikroplastik pada air dan sedimen Sungai Gending Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Sheril Andrina (2023) Identifikasi jenis dan kelimpahan mikroplastik pada air dan sedimen Sungai Gending Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sheril Andrina Putri_H05219016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Probolinggo memiliki beberapa isu lingkungan, diantaranya adalah terkait pencemaran air permukaan dan timbulan sampah. Sungai Gending merupakan salah satu sungai yang ada di Kabupaten Probolinggo dimana memiliki potensi untuk membawa mikroplastik dalam alirannya yang dapat berdampak negatif pada ekosistem sungai seperti kematian pada biota air. Potensi tersebut dapat disebabkan karena Sungai Gending memiliki kondisi lingkungan yang terpolusi akibat pengelolaan sampah yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi morfologi mikroplastik, mengonfirmasi jenis polimer mikroplastik, mengetahui jumlah kelimpahan mikroplastik, serta untuk mengetahui nilai signifikansi perbedaan jumlah kelimpahan mikroplastik pada air dan sedimen Sungai Gending. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penentuan lokasi pengambilan sampel air dan sedimen berdasarkan SNI 8995:2021. Pengambilan sampel air menggunakan ember yang kemudian disaring menggunakan plankton net, sedangkan pengambilan sampel sedimen menggunakan ponar grab. Metode identifikasi sampel berdasarkan NOAA, yaitu wet sieve, mass of total solids, WPO, density separation, dan microscop exam. Analisis FT-IR dilakukan untuk mengetahui polimer plastik pada mikroplastik. Analisis data perbedaan kelimpahan menggunakan uji statistik one way ANOVA. Hasil yang diperoleh adalah ditemukan jenis partikel mikroplastik yang paling banyak yaitu fragmen, sedangkan warna partikel mikroplastik paling banyak yang ditemukan adalah hitam. Jenis polimer mikroplastik paling banyak yang teridentifikasi adalah Nylon. Kelimpahan mikroplastik pada air Sungai Gending tertinggi terdapat pada lokasi hilir sebesar 6.000 partikel/m3, sedangkan kelimpahan mikroplastik pada sedimen Sungai Gending tertinggi pada hilir sebanyak 322,5 partikel/kg. Hasil uji One Way ANOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,02 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan kelimpahan mikroplastik pada air dan sedimen Sungai Gending.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Sheril Andrinasherylaputri@gmail.comH05219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@uinsby.ac.id2007108402
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsby.ac.id2030118402
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Kelimpahan mikroplastik; air dan sedimen
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Sheril Andrina Putri
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:31
Last Modified: 26 Jul 2023 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63781

Actions (login required)

View Item View Item