Efektivitas qur'anic hypnotherapy dalam penurunan tingkat kecemasan pada klien kelas 3 dan 4 di balai pelayanan dan rehabilitasi sosial PMKS Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarok, Achmad Muhamad (2023) Efektivitas qur'anic hypnotherapy dalam penurunan tingkat kecemasan pada klien kelas 3 dan 4 di balai pelayanan dan rehabilitasi sosial PMKS Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Muhamad Mubarok_E07219002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gangguan kesehatan jiwa di Indonesia hingga saat ini masih saja mengalami peningkatan, pada tahun 2018 Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan telah melakukan riset dan didapatkan bahwa ada kenaikan 7% dari tahun 2013 yang dimana telah diperkirakan bahwa jumlah ODGJ di Indonesia ada sekitar 450 ribu kasus ODGJ berat. Adapun qur’anic dan hypnotherapy adalah dua metode yang berbeda dalam latar belakang, namun pada penelitian ini dua metode tersebut telah dijadikan menjadi satu metode terapi untuk mengatasi tingkat kecemasan. Adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini yakni bagaimana konsep dan makna qur’anic hypnotherapy?, bagaimana relasi antara qur’anic dengan hypnotherapy?, bagaimana tingkat kecemasan subjek?, dan bagaimana tingkat efektivitas metode qur’anic hypnotherapy dalam penurunan tingkat kecemasan terhadap subjek? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbasis pada field research. Penelitian ini menggunakan desain Experimental Group One Group Pre-Test – Post-Test. Metode analisis data menggunakan SPSS for Windows 16.0 pada tahap pertama dilakukan uji paired samples t-test didapatkan skor 0,000 untuk kelompok EG dan 0,193 untuk Kelompok CG, Pearson corellation diperoleh skor 0,000 pada signifikasinya dan nilai korelasi sebesar 0,94, yang terakhir Wilcoxon signed ranks tests didapatkan hasil 0,008. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa qur’anic hypnotherapy efektif dalam penurunan tingkat kecemasan pada klien kelas 3 – 4 di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarok, Achmad Muhamadachmadmubarok921@gmail.comE07219002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Psikologi > Kecemasan
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Tasawuf
Keywords: Qur'anic; hypnotherapy; kecemasan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Achmad Mubarok
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:49
Last Modified: 31 Jul 2023 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63791

Actions (login required)

View Item View Item