Uji toksisiras akut (lc50 - 96 jam) limbah cair industri kayu lapis pada PT.XYZ terhadap ikan wader pari (rasbora lateristriata)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marchelita, Silvia (2023) Uji toksisiras akut (lc50 - 96 jam) limbah cair industri kayu lapis pada PT.XYZ terhadap ikan wader pari (rasbora lateristriata). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Marchelita_H75219032.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan kegiatan industrialisasi memiliki sejumlah efek merugikan bagi lingkungan. Limbah cair dari kegiatan industri merupakan salah satu masalah lingkungan yang ada. Industri kayu lapis adalah salah satu industri yang perlu mendapatkan perhatian karena menghasilkan limbah cair. Berdasarkan hasil observasi peneliti dan keterangan warga setempat serta karyawan pada bulan Agustus 2022, PT. XYZ tidak memiliki Instalasi Pengolahan Limbah Cair (IPLC). Limbah cair industri kayu lapis yang dihasilkan langsung dibuang ke sungai sehingga dapat membahayakan ekosistem yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis karakteristik limbah cair industri kayu lapis PT.XYZ dan mengetahui nilai toksisitas akut serta menganalisis klasifikasi toksisitas limbah cair kayu lapis PT.XYZ terhadap ikan wader pari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental di laboratorium. Ikan wader pari (Rasbora lateristriata) digunakan sebagai organisme uji dalam penelitian ini. Perlakuan organisme uji dimulai dengan proses aklimatisasi, range finding test dan uji toksisitas akut dengan konsentrasi 0% (kontrol), 7%, 9,4%, 12,7%, %, 17,2% dan 23,2%, yang dipaparkan selama 96 jam. Nilai LC50 kemudian dihitung dengan menggunakan metode analisis probit menggunakan software IBM SPSS. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini antara lain sampel limbah cair PT.XYZ memiliki kadar BOD sebesar 896 mg/L, COD sebesar 1524 mg/L, NH3 sebesar 64 mg/L dan Fenol sebesar 0,7 mg/L serta hasil pada tahap uji toksisitas akut toksisitas limbah cair PT.XYZ berdasarkan penelitian pada ikan wader pari (Rasbora lateristriata) menghasilkan nilai LC50-96 jam sebesar 7,235 mg/L. Berdasarkan nilai LC50-96 jam yang diperoleh, limbah cair PT.XYZ termasuk kelas IV yang dikategorikan high acute toxicity (HT).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marchelita, Silviasmarchelita@gmail.comH75219032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id0709109001
Subjects: Ikan
Lingkungan Hidup
Statistik
Keywords: Uji toksisiras akut; limbah cair; industri kayu lapis; ikan wader pari
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Silvia Marchelita
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:36
Last Modified: 27 Jul 2023 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63818

Actions (login required)

View Item View Item