Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline 3 untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Akhla Lailatus (2023) Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline 3 untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhla Lailatus_D7A219011.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi awal peneliti terkait penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga masih kurang melatih keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang membuat nilai keterampilan berpikir kreatif siswa berada pada kategori sedang. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 yang valid, praktis dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Krian Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Uji coba produk pada penelitian ini dilakukan pada 34 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Krian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar validitas untuk menilai kevalidan produk, angket respon peserta didik untuk menilai respon peserta didik dan lembar tes untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif Articulate Storyline 3 dinyatakan “Sangat Valid” dengan persentase rata – rata sebesar 87,3%. Multimedia interaktif dinyatakan “Praktis” setelah mendapatkan nilai B oleh validator ahli materi dan ahli media dengan keterangan layak digunakan dengan sedikit revisi dan mendapatkan nilai A oleh validator ahli praktisi pendidikan dengan keterangan layak digunakan tanpa revisi serta memenuhi aspek praktik dengan hasil persentase respon siswa 97,03% dengan kategori “Sangat Baik”. Multimedia interaktif juga dinyatakan “Efektif” untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan hasil uji paired t test sebesar 0,000 dan uji n gain sebesar 0,5 dalam kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Akhla Lailatuslailatusakhla@gmail.comD7A219011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsby.com2020068902
Subjects: Fisika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Multimedia interaktif; articulate storyline 3; keterampilan berpikir kreatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Akhla Lailatus Sa'adah
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:48
Last Modified: 27 Jul 2023 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63819

Actions (login required)

View Item View Item