Analisis hukum islam terhadap praktik penawaran mahar oleh petugas KUA pada palon pengantin di KUA Gunung Anyar Surabaya.”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murtadlo, Abdul Aziz Makhfud (2023) Analisis hukum islam terhadap praktik penawaran mahar oleh petugas KUA pada palon pengantin di KUA Gunung Anyar Surabaya.”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Aziz Makhfud Murtadlo_C71219048_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) yang termasuk penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan pola pikir deduktif. Data primer yang digunakan yakni hasil wawancara penulis dengan beberapa pegawai KUA Kecamatan Gunung Anyar dan beberapa pengantin. Hasil penelitian ini adalah Praktik penawaran mahar terhadap calon pengantin di KUA Gunung Anyar dilakukan dengan alasan mahar yang disepakati sebelumnya oleh kedua calon pengantin dan tidak bermanfaat bagi calon istri serta tidak memuliakan kedudukan dari istri. Praktik penawaran mahar jika ditinjau dari hukum Islam tidak sesuai karena dalam penentuan mahar sebenarnya dilakukan oleh masing-masing calon pengantin dan untuk praktik penawaran mahar tidak sesuai dengan pasal 31 Kompilasi Hukum Islam yakni dengan asas kemudahan dan kesederhanaan. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada pegawai KUA dalam memberi pengarahan menanyakan ketersediaan dan kerelaan suami dalam memberikan mahar lebih dan calon pengantin dalam menentukan mahar disesuaikan dengan kebutuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murtadlo, Abdul Aziz Makhfudazizmakhfud01@gmail.comC71219048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusarrofa, Itaitaisme@gmail.com2001087901
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Maskawin
Nikah
Perkawinan
Keywords: Mahar; Pernikahan; Penawaran mahar
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: murtadlo abdul aziz makhfud
Date Deposited: 08 Aug 2023 05:12
Last Modified: 08 Aug 2023 05:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63833

Actions (login required)

View Item View Item