Penerapan strategi index card match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi pecahan kelas IV-B MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andani, Dwi Yuliana (2023) Penerapan strategi index card match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi pecahan kelas IV-B MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Yuliana Andani_D07219009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-B MIN 2 Sidoarjo, pada mata pelajaran Matematika materi pecahan yang disebabkan proses pembelajaran demonstrasi yang membosankan menyebabkan siswa kurang aktif dan responsif dalam pembelajaran serta hasil belajar yang kurang maksimal. Peneliti melakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan strategi Index Card Match pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa materi pecahan dengan menggunaan strategi Index Card Match di kelas IV-B MIN 2 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin, pada setiap siklusnya terdiri 4 tahap yakni: 1) perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B MIN 2 Sidoarjo tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik 22 siswa, perempuan 10 siswa dan laki-laki sebanyak 12 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara guru, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes, dan dokumentasi hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Index card Match untuk meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan kelas IV-B MIN 2 Sidoarjo dapat meningkat. Hal ini terbukti dari peningkatan nilai hasil observasi aktivitas belajar peserta didik setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas peserta didik diperoleh nilai 72,44. Pada siklus II (89,06) terjadi peningkatan siklus I ke siklus II sebesar (16,62). Penerapan strategi Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan kelas IV-B MIN 2 Sidoarjo dapat meningkat. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar di setiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 49,54 dengan persentase ketuntasan 45,45%, pada siklus II diperoleh nilai 81,04 dengan persentase ketuntasan 86,36%. Terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 31,5 dengan peningkatan persentase ketuntasan 40,91%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andani, Dwi Yulianadyulianandani24@gmail.comd07219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Index card match; aktivitas; hasil belajar; Matematika; pecahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: dwi yuliana andani
Date Deposited: 31 Jul 2023 05:05
Last Modified: 31 Jul 2023 05:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63852

Actions (login required)

View Item View Item