Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar sederhana melalui metode Students Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV di MINU Wedoro Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najah, Arisa Savinatun (2023) Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar sederhana melalui metode Students Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV di MINU Wedoro Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arisa Savinatun Najah_D77219039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil nilai pra siklus siswa-siswa kelas IV B MINU Wedoro pada pembelajaran Matematika materi bangun datar sederhana hanya terdapat 8 siswa yang lulus dari KKM, Hal ini disebabkan oleh tingkat kemampuan kognitif siswa yang berbeda-beda, kurang aktifnya siswa, dan kurang maksimalnya guru dalam mengelolah pembelajaran. Proses penyampaian materi guru dilakukan dengan menggunakan metode konvensional, yakni ceramah sehingga kondisi kelas cenderung teacher centered, akhirnya siswa dominan bersikap pasif. Adanya metode pembelajaran baru bisa dijadikan solusi perbaikan salah satunya menggunakan metode STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode STAD dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar sederhana pada siswa kelas IV di MINU Wedoro Sidoarjo, dan untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar sederhana melalui metode STAD pada siswa kelas IV di MINU Wedoro Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kurt Lewin. Adapun subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV B MINU Wedoro Waru Sidoarjo yang berjumlh 26 siswa, ada 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) Penerapan metode STAD dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar sederhana siswa kelas IV B MINU Wedoro sudah diaplikasikan dengan baik, Hal ini dilihat dari hasil nilai observasi guru yang mengalami peningkatan. Siklus I hasil observasi aktivitas guru sebesar 70 (kualifikasi sedang) dan meningkat pada siklus II sebesar 91,2 (kualifikasi sangat tinggi) Begitu juga pada hasil observasi aktivitas siswa, pada siklus I mendapat hasil 63,7 (kualifikasi rendah) dan meningkat sebesar 92,5 pada siklus II (kualifikasi sangat tinggi). 2) Hasil belajar matematika materi bangun datar sederhana siswa kelas IV B MINU Wedoro mengalami peningkatan. Hal ini bisa dilihat berdasarkan hasil rata-rata siswa pada pra siklus yaitu 69,7 (kualifikasi rendah) dengan persentase 30,7% (kualifikasi kurang sekali) pada siklus I menjadi 73,7 (kualifikasi sedang) dan persentasenya adalah 46,1% (kurang) dan meningkat pada siklus II sebesar 87,3 (kualifikasi tinggi) dengan persentase 84,6% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najah, Arisa SavinatunSavinaarisa780@gmail.comD77219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Hasil belajar; Matematika; Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arisa Savina
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:37
Last Modified: 01 Aug 2023 08:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63853

Actions (login required)

View Item View Item