Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui media puzzle pada siswa kelas III C MINU Wedoro Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bella, Qonita Salsa (2023) Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui media puzzle pada siswa kelas III C MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qonita Salsa Bella_ D77219054.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya nilai belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pecahan kelas III C MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Hal ini diketahui dari hasil observasi sebelum penelitian dan wawancara terhadap guru dan siswa kelas III C serta hasil nilai harian. Penyebab terjadinya masalah yaitu guru dalam mengajar masih menggunakan cara konvensional sehingga membuat siswa merasa bosan, susah menerima materi serta menganggap pelajaran Matematika itu sulit. Dari 28 siswa, yang tidak tuntas 22 siswa dan yang tuntas 7 siswa. Diantaranya berhasil mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75. Maka dari itu dalam upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan melalui pengguanaan media puzzle dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penggunaan media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi puzzle pada kelas III C MINU Wedoro Waru Sidoarjo. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui media puzzle Kelas III C MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan pada kelas III C MINU Weodro Waru Sidoarjo dengan jumlah 28 siswa yang terdiri 12 laki-laki dan 16 perempuan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaann media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan sudah diterapkan dengan baik. Dapat dilihat dari perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I yaitu 72,5 (cukup) meningkat menjadi 82,5 (baik) pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 71,25 (cukup) menjadi meningkat 86,25 (sangat baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar Matematika materi pecahan melalui media puzzle mengalami peningkatan. Dapat dilihat dari peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus 21,42 %(kurang), Siklus I 71,42%(Cukup), Siklus II 92,85% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bella, Qonita Salsaqonitasalsabella86@gmail.comD77219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulton-197309102007011017
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Guru
Matematika
Keywords: Hasil belajar; matematika; materi pecahan; media puzzle
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Qonita Salsa Bella Qonita Salsa Bella
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:27
Last Modified: 31 Jul 2023 06:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63854

Actions (login required)

View Item View Item