Pemodelan konsentrasi karbon monoksida (co) menggunakan metode Gaussian di kawasan perempatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Nurul Aulia (2023) Pemodelan konsentrasi karbon monoksida (co) menggunakan metode Gaussian di kawasan perempatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Nurul Aulia Fadilah_H95219051 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kendaraan bermotor merupakan penghasil pencemaran udara terbesar di perkotaan termasuk di Kabupaten Sidoarjo. Dalam lima tahun ke belakang jumlah kendaraan bermotor di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor, hal tersebut tentunya mengakibatkan peningkatan terhadap kepadatan lalu lintas yang mampu memperburuk kualitas udara salah satunya karbon monoksida (CO). Perempatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo merupakan persimpangan yang menghubungkan antara Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya dengan kepadatan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai pemodelan karbon monoksida menggunakan metode Gaussian, menganalisis persebaran CO menggunakan Matlab dan memvalidasi hasil model Gaussian dengan hasil data lapangan menggunakan rumus MAPE dan RMSE. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif melalui pengambilan data dari pengukuran di lapangan dan pemodelan. Penentuan pemodelan konsentrasi karbon monoksida menggunakan model Gaussian dan dipetakan persebarannya menggunakan software MATLAB, selanjutnya divalidasi menggunakan MAPE dan RMSE. Analisis data penelitian menunjukkan bahwa hasil tertinggi dari nilai pemodelan yaitu pada hari Senin sore sebesar 34.694 μg/m3, sedangkan terendah terjadi pada hari Minggu siang sebesar 20.198 μg/m3. Jarak sebaran paling jauh terjadi pada Senin pagi sejauh 99 m kearah timur dan terpendek terjadi pada Sabtu pagi sejauh 45 m kearah tenggara. Hasil validasi menggunakan MAPE antara pemodelan Gaussian dengan data lapangan adalah sebesar 11,01%, yang menunjukkan bahwa hasil validasi tergolong kedalam kategori “baik”. Sedangkan hasil validasi RMSE sebesar 3252,39 yang menunjukkan bahwa hasil validasi kurang akurat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Nurul Aulianurulauliafadilah25@gmail.comH95219051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsby.ac.id2030118402
Thesis advisorSetyowati, Rr Diah Nugrahenidiahnugraheni@uinsby.ac.ic2001058202
Subjects: Lingkungan Hidup
Lalu Lintas
Teknik Lingkungan
Keywords: Gaussian; karbon monoksida; kendaraan bermotor
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nurul Fadilah
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:52
Last Modified: 27 Jul 2023 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63857

Available Versions of this Item

  • Pemodelan konsentrasi karbon monoksida (co) menggunakan metode Gaussian di kawasan perempatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. (deposited 27 Jul 2023 03:52) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item