Konflik kepentingan antar anggota organisasi karang taruna di Desa Sidokepung Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Andre (2023) Konflik kepentingan antar anggota organisasi karang taruna di Desa Sidokepung Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andre Kurniawan_I03219008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian ini mengkaji Konflik Kepentingan Antar Anggota Organisasi Karang Taruna Di Desa Sidokepung Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo sebuah fenomena mengenai Konflik Kepentingan. Fokus penelitian ini adalah konflik kepentingan antar anggota organisasi karang taruna mulai dari penyebab, dampak, dan upaya dalam mengatasi konflik tersebut. Dalam proses menggali data dan menyusun penelitian, peneliti menggunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan purposive sampling untuk memilih informan, yakni Anggota Karang Taruna Desa Sidokepung dan Warga Sekitar yang berhubungan dengan penelitian ini. Penggalian data pada penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh akan dikelola melalui reduksi data, serta menarik kesimpulan. Sebagai upaya memperoleh keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi di tahap keabsahan data. Dengan menggunakan tinjauan teori Konflik, Ralf Dahrendorf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab konflik kepentingan disebabkan oleh beberapa hal mulai dari tidak adanya pembina karang taruna, ketua tidak bertanggung jawab hingga anggota saling tidak menghargai. Hal tersebut berdampak pada hubungan antar anggota tiap bertemu saling sindir dan cekcok saat rapat, hingga terdapat niat untuk baku hantam yang mengakibatkan lingkungan karang taruna dianggap toxic sehingga kegiatan karang taruna tidak berjalan dan berdampak pada karang taruna yang terancam bubar. Meskipun begitu, upaya tetap harus dilakukan untuk menangani konflik tersebut seperti kembali mengatur struktur kepengurusan, merekrut anggota baru, sehingga karang taruna tidak bubar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, AndreKurniawanandre420@gmail.comI03219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Warsito-2009025901
Thesis advisorEffendi, MasitahMASITAH.EFFENDI@uinsby.ac.id2017059101
Subjects: Konflik sosial
Organisasi Masyarakat
Keywords: Konflik; anggota organisasi; karang taruna
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Andre Kurniawan
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:39
Last Modified: 31 Jul 2023 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63859

Actions (login required)

View Item View Item