Evektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan teknik mind mapping terhadap hasil belajar materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikah, Ta'imul (2023) Evektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan teknik mind mapping terhadap hasil belajar materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ta'imul Sholikah_D9A219024.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII diSMPN 13 Surabaya. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang diterapkan adalah strategi konvensional bersifat teacher centered khususnya pada materi getaran dan gelombang sehingga kurang mengaktifkan siswa. Guru hanya memberikan kegiatan menghitung dan menghafalkan konsep – konsep serta rumus. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan teknik mind mapping yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan teknik mind mapping terhadap peningkatan hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang pada siswa kelas VIII di SMPN 13 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif memakai jenis penelitian quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent t test dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat diketahui bahwa model inkuiri terbimbing berbantuan teknik mind mapping efektif digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil tersebut dilihat dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar71, efektivitas model inkuiri terbimbing berbantuan teknik mind mapping dibuktikan dengan (1) Dalam uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,004 < nilai alpha (0,05) yang berarti model inkuiri terbimbing berbantuan teknik mind mapping memberikan perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) Perhitungan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,59 artinya yang menunjukan peningkatan dengan kriteria sedang pada hasil belajar kelas eksperimen, (3) Persentase ketercapaian KKM kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 68% dibandingkan kelas kontrol sebesar 32% (4) Keterlaksanaan model inkuiri terbimbing berbantuan teknik mind mapping berdasarkan hasil observasi siswa mepunyai nilai 84,1% dengan kriteria sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikah, Ta'imultaimulsholikah36@gmail.comD9A219024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati L, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Inkuiri
Keywords: Model pembelajaran inkuiri; teknik mind mapping; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: TA'IMUL SHOLIKAH
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:21
Last Modified: 28 Jul 2023 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63863

Actions (login required)

View Item View Item